Cek Kesiapan Ibu Kota Baru, Jokowi Bermalam di Palangka Raya 

Rencana pemindahan ibu kota sudah dibahas sejak 3 tahun lalu

Balikpapan, IDN Times - Pemindahan ibu kota menjadi salah satu pembicaraan serius Presiden Joko "Jokowi" Widodo saat ini. Terbukti, Selasa (7/5) pagi, Jokowi lepas landas melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma menuju Pulau Kalimantan untuk melakukan kunjungan kerja, serta menindak lanjuti keseriusan rencana pemindahan ibu kota.

Jokowi menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 lepas landas pukul 09.00 WIB dan tiba di Provinsi Kalimantan Timur pukul 11.55 WITA. Setelah tiba, Jokowi langsung menuju lokasi yang menjadi alternatif ibu kota baru Republik Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat 4 Kota yang Menjadi Kandidat Ibu kota Baru 

1. Jokowi tegaskan rencana pemindahan ibu kota

Cek Kesiapan Ibu Kota Baru, Jokowi Bermalam di Palangka Raya IDN Times/ M. Idris

Sebelumnya pada Senin (6/5) malam, Jokowi mengadakan buka puasa bersama jajaran kepala lembaga tinggi negara. Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan rencananya mengenai pemindahan ibu kota ke luar Pulau Jawa.

Selain itu, Jokowi juga menegaskan Pemerintah Indonesia tidak main-main dengan rencana tersebut.

2. Rencana pemindahan ibu kota sudah dibahas sejak 3 tahun lalu

Cek Kesiapan Ibu Kota Baru, Jokowi Bermalam di Palangka Raya Dok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menyampaikan, dalam kesempatan buka puasa bersama tersebut, Jokowi juga memaparkan bahwa rencana pemindahan ibu kota sudah dibicarakan sejak 3 tahun lalu dalam rapat internal.

Setelah itu, selama 1,5 tahun Jokowi sudah meminta Bappenas untuk melakukan kajian-kajian yang lebih mendalam dari semua aspek seperti ekonomi, sosial-politik, serta lingkungan.

 

3. Jokowi bermalam di Palangkaraya

Cek Kesiapan Ibu Kota Baru, Jokowi Bermalam di Palangka Raya Dok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Setelah tiba di Provinsi Kalimantan Timur, Presiden Jokowi akan melanjutkan perjalanan menuju Provinsi Kalimantan Tengah dan berencana bermalam di kota Palangka Raya.

Agenda yang akan dilakukan Jokowi keesokan harinya di Palangka Raya adalah rapat kunjungan kerja serta meninjau lokasi yang menjadi alternatif ibu kota baru.

4. Jokowi didampingi oleh jajaran kepala lembaga negara

Cek Kesiapan Ibu Kota Baru, Jokowi Bermalam di Palangka Raya Dok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Dalam kunjungan kerja dan peninjauan lokasi alternatif ibu kota baru, Presiden didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan A. Djalil.

Selain itu, turut hadir dalam rombongan yaitu Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Baca Juga: Jokowi : Fasilitas Kaltim mendukung Sebagai Ibu Kota Negara

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya