Comscore Tracker

Dua Hari Menuju Pengumuman Resmi KPU, Ini Hasil Rekapitulasi Sementara

Selisih kedua pasangan calon mencapai 10 persen

Jakarta, IDN Times - Waktu pengumuman hasil pemilu secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah semakin dekat. Proses Rekapitulasi penghitungan suara masih terus dilakukan KPU RI. Laman resmi situs informasi penghitungan suara KPU menunjukkan angka 90,76 persen data hasil rekapitulasi yang sudah masuk. Sementara pada situs kawalpemilu.org data yang sudah masuk mencapai 89,2 persen.

Perolehan suara sementara tertinggi pada hari ini (20/2) dari kedua situs tersebut masih diduduki oleh pasangan calon nomor urut 01 Joko “Jokowi” Widodo dan Ma’ruf Amien.

1. Selisih perolehan suara sementara kedua pasangan calon 10 persen

Dua Hari Menuju Pengumuman Resmi KPU, Ini Hasil Rekapitulasi SementaraIDN Times/Debbie Sutrisno

Pada Situng KPU RI, hasil sementara pasangan nomor urut 01 sebesar 55,63 persen dengan perolehan 77.375. 524 suara. Sementara pasangan calon nomor urut 02 memperoleh 55,46 persen dengan perolehan 61.709.353 suara.

Tidak berbeda jauh dengan Situng KPU, pada laman kawal pemilu, pasangan nomor urut 01 memperoleh 55,46 persen dengan perolehan suara sebesar 76.229.908 suara. Adapun rivalnya, pasangan nomor urut 02 mendapat 44,54 persen dengan perolehan 61.221.600 suara.

2. Baru 9 provinsi yang telah menyelesaikan proses rekapitulasi perolehan suara

Dua Hari Menuju Pengumuman Resmi KPU, Ini Hasil Rekapitulasi SementaraIDN Times/Muhamad Iqbal

Sampai hari ini, baru ada 9 provinsi yang sudah mencapai 100 persen proses rekapitulasi perhitungan suara. Adapun provinsi tersebut adalah Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Utara,

Sementara pada situs kawal pemilu, baru 1 provinsi yang sudah mencapai 100 persen proses rekapitulasi perhitungan suara, yaitu provinsi Bengkulu.

3. Rekapitulasi perhitungan suara di Pulau Papua belum mencapai 50 persen.

Dua Hari Menuju Pengumuman Resmi KPU, Ini Hasil Rekapitulasi Sementaraidntimes.com

Pada Situng KPU RI, proses rekapitulasi perhitungan suara 2 provinsi yang ada di Pulau Papua belum mencapai setengah dari data yang seharusnya. Provinsi Papua baru menyelesaikan 14,3 persen proses rekapitulasi suara. Sementara provinsi Papua Barat baru menyelesaikan 31,6 persen. Dari kedua provinsi ini, perolehan suara kedua pasang calon dimenangkan oleh kubu Jokowi-Ma’ruf.

Walaupun rekapitulasi perhitungan suara di Pulau Papua masih jauh dari kata selesai, KPU optimis proses rekapitulasi Provinsi di Papua mampu menyelesaikan tepat waktu.

Baca Juga: Rekapitulasi Pileg 2019 di Jakarta Tersendat, Ini Penyebabnya

4. Perhitungan suara luar negeri sudah hampir selesai

Dua Hari Menuju Pengumuman Resmi KPU, Ini Hasil Rekapitulasi SementaraNTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Sampai hari ini, rekapitulasi perolehan suara dari luar negeri pada Situng KPU, sudah mencapai 97 persen. Perolehan suara tertinggi masih dipegang oleh pasangan nomor urut 01. Masih ada beberapa negara yang belum menyelesaikan proses rekapitulasi perhitungan suara. Selain itu, rekapitulasi suara dari Caracas Venezuela, New York Amerika Serikat, San Francisco Amerika Serikat, dan Tokyo Jepang belum memasukan data hasil rekapitulasinya.

Sementara itu, pada situs Kawal Pemilu, rekapitulasi perhitungan suara luar negeri baru mencapai 33,5 persen, dengan kemenangan sementara diduduki oleh pasangan nomor urut 01.

Baca Juga: Ketua KPU Skors Pleno Rekapitulasi Suara untuk Satu Hari

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You