Melenggang ke DPR, Wakil Rakyat Ini Peroleh Lebih dari 100 Ribu Suara

Banyak faktor yang mempengaruhi perolehan suara caleg

Jakarta, IDN Times - Nama-nama calon anggota legislatif (caleg) yang dipastikan melenggang ke Senayan sudah mulai bermunculan. Di antara para caleg yang maju ke kursi parlemen tersebut, ada yang memperoleh suara yang jauh lebih tinggi dari pesaingnya. Mereka mampu memperoleh lebih dari 100 ribu suara di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Ada bermacam alasan mereka bisa meraih perolehan suara yang sedemikian tinggi. Perpaduan kerja keras selama kampanye dan popularitas bisa jadi penyebab besarnya suara yang mereka peroleh. Nama partai pengusung pun memberikan efek besar dalam peroleh suara. Berikut beberapa nama caleg yang mampu meraup suara maksimal di dapil.

Baca Juga: Menang Pileg, Para Artis Ini Diprediksi Bakal Duduk di Kursi Senayan 

1. Rano Karno dan Krisdayanti gunakan nama besar untuk peroleh suara

Melenggang ke DPR, Wakil Rakyat Ini Peroleh Lebih dari 100 Ribu Suarainstagram.com/sidoelanaksekolahan

Calon anggota legislatif PDIP Dapil Banten III dengan nomor urut 1 ini memperoleh 274.294 suara dan memperoleh suara terbanyak di Banten. Rano memperoleh 3 kali lipat suara dari pesaing-pesaingnya di dapil tersebut.

Pemain film Si Doel anak sekolahan ini mengatakan tetap melakukan kampanye walaupun sebagian orang mengatakan dirinya sudah terlalu terkenal. Rano memanfaatkan 800 relawan yang mendukungnya untuk membantunya melakukan kampanye door to door.

Selain Rano Karno, diva musik Indonesia Krisdayanti dipastikan melenggang ke Senayan. Krisdayanti yang akrab disapa KD, memperoleh 120 ribu suara. Krisdayanti merupakan salah satu caleg dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dapil Jawa Timur V.

Popularitas diprediksi menjadi salah satu alasan KD memperoleh suara banyak. Namun, tidak dimungkiri KD juga kerap turun ke dapil untuk mendengar keluh kesah masyarakat selama masa kampanye.

2. Selain artis, PDIP berhasil membawa menteri Jokowi memperoleh suara tertinggi

Melenggang ke DPR, Wakil Rakyat Ini Peroleh Lebih dari 100 Ribu SuaraIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Salah satu menteri Kabinet Kerja Presiden Joko “Jokowi” Widodo Puan Maharani juga memperoleh 420 ribu suara dari Dapil Jawa Tengah V yang meliputi Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta. Puan memperoleh suara terbanyak di wilayah Surakarta dibanding dengan pesaingnya.

Walaupun sibuk dengan tugasnya sebagai menteri, Puan tetap menghadiri kampanye akbar PDIP di Solo Raya. Momen ini dijadikan Puan untuk mengampanyekan dirinya dan juga Presiden Jokowi. Selain itu, nama besar kakek dan orang tua nya tidak bisa dimungkiri menjadi salah satu alasan kemenangannya juga. Rekam jejaknya di ranah politik juga membawanya sebagai caleg dengan perolehan suara terbanyak se-Indonesia.

Selain Puan, Rieke Diah Pitaloka yang merupakan petahana juga mendapat 169.729 suara. Rieke berjuang di daerah pemilihan Jawa Barat VII yang meliputi Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. Artis yang terkenal sebagai “Oneng” ini aktif turun bertemu masyarakat dan melakukan kampanye untuk dirinya maupun presiden yang diusung parpolnya.

3. Nama-nama tenar dari Partai Gerindra memperoleh suara besar

Melenggang ke DPR, Wakil Rakyat Ini Peroleh Lebih dari 100 Ribu SuaraIDN Times/Irfan fathurohman

Nama Fadli Zon sudah pasti tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Walaupun bertarung di dapil “neraka”, Fadli berhasil meraup 230.524 suara. Popularitas Fadli tentu saja menjadi salah satu alasan dirinya memperoleh suara besar.

Selain Fadli, anggota badan komunikasi Partai Gerindra Andre Rosiade juga memperoleh suara yang besar. Bahkan, dirinya memecahkan rekor untuk pertama kalinya, caleg dari dapil Sumatera Barat memperoleh lebih dari 100.000 suara.

Baca Juga: Banyak Petahana Tumbang, Ini 77 Caleg Jateng yang Lolos ke Senayan

4. Golkar berhasil membawa Dedi Mulyadi memperoleh lebih dari 200 ribu suara

Melenggang ke DPR, Wakil Rakyat Ini Peroleh Lebih dari 100 Ribu SuaraIDN Times/Yogi Pasha

Mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi berhasil memperoleh 205.260 suara berdasarkan perhitungan C1 yang dilakukan internal partainya. Dedi maju dari Dapil Jawa Barat VII yang meliputi Karawang, Bekasi, dan Purwakarta.

Prestasi yang baik ketika menjadi Bupati, tentu saja membantu Dedi memperoleh suara yang besar dari masyarakat terutama di daerah kepemimpinannya sebelumnya. Dedi mengatakan peroleh suara tinggi merupakan hasil menjaga komunikasi dengan masyarakat selama ini.

Baca Juga: 24 Caleg dari Sulsel Lolos ke Senayan, Ini Daftar Namanya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya