Comscore Tracker

Mengenal Paskhas, Pasukan Elite TNI AU yang Ditakuti Dunia

Setara dengan pasukan khusus milik Inggris lho

Jakarta, IDN Times - Hari ini, 17 Oktober, merupakan hari jadi Pasukan Khas yang dikenal dengan sebutan Paskhas. Pasukan Khas adalah pasukan elite milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU). Paskhas merupakan pasukan yang dipersiapkan untuk menjalankan misi khusus dan besar, berkaitan dengan keutuhan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada saat mengompori Timor-Timur untuk lepas dari NKRI pada 1999, Australia mengakui kehebatan Paskhas. Mereka menilai hanya pasukan SAS (Special Air Service) Inggris yang punya kemampuan mengoperasikan bandara. Namun nyatanya, tentara Indonesia juga memiliki kemampuan khusus tersebut.

1. Pasukan yang diwaspadai dunia

Mengenal Paskhas, Pasukan Elite TNI AU yang Ditakuti DuniaDok.IDN Times/Istimewa

Indonesia sangat diwaspadai karena mempunyai pasukan khusus Paskhas. Hal tersebut pernah disampaikan mantan panglima-panglima NATO saat ditanya seorang mahasiswa di Amerika, menurut laman resmi TNI AU.

Dengan segala kemampuan yang dimiliki, Paskhas menjadi pasukan yang sangat diperhitungkan di tingkat dunia. Sebab, tidak semua negara memiliki pasukan khusus sehebat Paskhas milik TNI AU.

Baca Juga: Hari Bhakti ke-72, Ini Misi Besar yang Berhasil Dicapai TNI AU

2. Kemampuannya tak sembarangan diperlihatkan

Mengenal Paskhas, Pasukan Elite TNI AU yang Ditakuti DuniaDok.IDN Times/Istimewa

Dalam suatu kesempatan saat berkunjung ke Markas Komando Pasukan Khas (Kopaskhas) di Margahayu, Bandung, Jawa Barat, Panglima TNI (2014-2015) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, Sat Bravo mempunyai markas dan landasan udara tersendiri di Rumpin, Bogor, Jawa Barat.

Gatot mengatakan, TNI AU tidak sembarangan memperlihatkan kemampuannya dalam acara apapun juga, termasuk dalam demonstrasi Paskhas TNI AU. Menurut dia, hal tersebut agar tidak mudah terbaca pasukan negara lain.

3. Pasukan yang menjadi kebanggaan TNI AU

Mengenal Paskhas, Pasukan Elite TNI AU yang Ditakuti Dunia(Dok. Basarnas Makassar)

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyampaikan keyakinannya bahwa Baret Jingga--sebutan untuk Paskhas, akan menjadi kebanggaan TNI AU dan akan terus memberi kontribusi nyata bagi keberhasilan pelaksanaan tugas TNI AU.

Menurut Yuyu, keyakinan ini diperoleh dari keberhasilan pembinaan yang dilaksanakan Korpaskhas, di antaranya dapat dilihat pada program latihan antar satuan, latihan gabungan, dan latihan dengan satuan dari negara asing, sebagai penguji kemampuan prajurit Korpaskhas.

“Keberhasilan pembinaan kemampuan Korpaskhas juga telah dibuktikan dalam keterlibatan satuan Paskhas pada misi pasukan perdamaian PBB sebagai Kontingen Garuda,” kata Yuyu beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari laman resmi TNI AU.

4. Kekhasan Paskhas terlihat dari kemampuannya mengoperasikan pangkalan udara

Mengenal Paskhas, Pasukan Elite TNI AU yang Ditakuti DuniaDok.IDN Times/Istimewa

Ciri khas yang dimiliki Paskhas terletak pada kemampuan personel pasukan tersebut, dalam mengendalikan bandara atau pangkalan udara. Sebagai pasukan khusus TNI AU, tugas utama Paskhas adalah menjaga pangkalan udara dan semua asetnya. Dalam peperangan, tugas utama mereka juga menguasai pangkalan udara lawan dan kemudian mengoperasikannya.

Satu-satunya pasukan elite TNI yang bisa mengoperasikan bandara atau pangkalan udara hanya Paskhas. Mereka telah mendapat pelatihan mengoperasikan pangkalan udara secara memadai.

Pada saat jajak pendapat lepasnya Timor-Timur dari Indonesia pada 1999, Australia sangat terkejut melihat sepak terjang pasukan Paskhas. Sebab semua personel Paskhas yang bertugas di Bandara Internasional Comoro pada saat itu, secara teknis mahir mengoperasikan bandara. Pasukan Australia yang awalnya arogan, berubah jadi segan terhadap personel Paskhas.

Selamat HUT TNI AU ya!

Baca Juga: 72 Tahun Hari Bhakti TNI AU, 2 Tragedi Terjadi di Hari yang Sama

Topic:

  • Rochmanudin
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya