Minarni Soedarjanto pada Google Doodle, Siapa Dia?

Ia ditakuti lawannya di tingkat internasional lho

Jakarta, IDN Times - Pagi ini (10/5), Laman pencarian Google menampilkan tokoh bergambar pebulu tangkis wanita. Banyak masyarakat Indonesia mungkin bertanya-tanya siapa tokoh yang sampai menjadi Google Doodle ini. Sebagai perayaan hari lahir dan bentuk apresiasi pebulu tangkis terkenal Indonesia, Google memilih Minarni Soedarjanto menjadi Google Doodle hari ini.

Minarni Soedarjanto adalah atlet bulu tangkis asal Indonesia. Minarni yang dikenal sebagai Minarni Sudaryanto lahir di Pasuruan, Jawa Timur pada 10 Mei 2019.

1. Minarni sebagai pebulu tangkis wanita pertama yang masuk final All England

Minarni Soedarjanto pada Google Doodle, Siapa Dia?Instagram/radar_sukabumi

Pada All England 1968, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang mengirimkan Minarni Soedaryanto sebagai salah satu pesertanya, berhasil mencatat prestasi yang gemilang. Dalam pertandingan tersebut, Minarni meraih medali perak tunggal putri dan menjadi juara dalam babak ganda putri dengan Retno Koestijah.

Dia menjadi pemain bulu tangkis putri Indonesia pertama yang bisa mencapai babak final kejuaran All England dan mendapat medali.

Baca Juga: Deretan Prestasi Pebulu Tangkis Indonesia di Bulan Maret 2019

2. Ditakuti lawan Internasional

Minarni Soedarjanto pada Google Doodle, Siapa Dia?Instagram/satoenoesa

Minarni menjadi pemain Pelatnas sejak usia 15 tahun. Namun, dia sudah terjun ke dunia bulu tangkis pada usia 13 tahun. Selama kariernya, sederet prestasi tinggi telah diukir olehnya mulai dari All England, Malaysia Terbuka, Amerika Serikat Terbuka, Kanada Terbuka, Asian Games, dan Piala Uber.

Dia menjadi atlet kejayaan Indonesia yang ditakuti lawan internasional jauh sebelum era Susi Susanti, Mia Audina Tjiptawan, dan Liliyana Natsir.

3. Menjadi pelatih sejak gantung raket

Minarni Soedarjanto pada Google Doodle, Siapa Dia?IDN Times/Margith Juita Damanik

Minarni yang telah memperkuat Tim Uber Indonesia sebanyak lima kali (1960, 1966, 1969, dan 1975), memilih berkarier sebagai pelatih bulu tangkis di Pelatnas. Selain itu, dia juga aktif dalam organisasi PB PBSI.

4. Meninggal di usia 59 Tahun

Minarni Soedarjanto pada Google Doodle, Siapa Dia?IDN Times/Panji Galih Aksoro

Minarni Soedarjanto sempat didiagnosis mengalami komplikasi radang paru-paru dan lever. Dia dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta. Tepat pada 14 Mei 2003, Minarni menghembuskan napas terakhirnya pada usia 59 tahun.

Baca Juga: Pebulu Tangkis Muda Indonesia Raih 2 Gelar dari Finnish Open 2019

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya