Pantau Gempa Banten, Kepala BNPB Langsung ke Pandeglang Hari Ini

Letjen Doni memastika warga terlayani dengan baik

Jakarta, IDN Times - Pagi ini, Sabtu (3/8), Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal Doni Monardo, sudah tiba di Pandeglang, Banten. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Staf Khusus Kepala BNPB, Egy Massadiah kepada IDN Times melalu rilis tertulisnya.

Seperti diketahui, semalam terjadi gempa bermagnitudo 6,9 M yang berpusat di Sumur, Banten, Jumat (2/8), pukul 19.03 WIB. Usai gempa sebagian besar warga memutuskan mengungsi.

1. Kepala BNPB seharusnya ke Kalimantan hari ini

Pantau Gempa Banten, Kepala BNPB Langsung ke Pandeglang Hari IniIDN Times/Istimewa

Egy menjelaskan dalam keterangannya bahwa Letjen Doni seharusnya terbang ke Kalimantan pagi ini. Namun, Letjen Doni memutuskan memantau langsung terlebih dahulu lokasi terjadinya gempa semalam.

"Semestinya Subuh ini Sabtu 3 Agustus 2019, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo bertolak ke Palangkaraya dan Pontianak untuk meninjau kegiatan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan. Namun, beliau menundanya dan memutuskan untuk berada di Banten terkait dengan gempa yang terjadi semalam," ungkap Egy Massadiah kepada wartawan.

Baca Juga: Usai Gempa Hantam Banten, BNPB Laporkan 15 Rumah Alami Kerusakan

2. Letjen Doni ingin memastikan situasi lokasi gempa

Pantau Gempa Banten, Kepala BNPB Langsung ke Pandeglang Hari IniIDN Times/Istimewa

Menurut keterangan Egy, Letjen Doni ingin memastikan secara langsung dampak gempa semalam. Letjen Doni juga ingin memastikan semua pelayanan publik terlayani.

"Saya ingin memastikan bahwa semua dukungan untuk masyarakat yang terdampak langsung atau tidak, semua berjalan dengan baik," demikian kata mantan Danjen Kopassus itu sebagaimana yang disampaikan Egy Massadiah.

3. Presiden turun langsung perintahkan BNPB pantau gempa

Pantau Gempa Banten, Kepala BNPB Langsung ke Pandeglang Hari IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Egy juga menjelaskan, semalam sesaat setelah gempa, Presiden Joko "Jokowi" Widodo secara langsung memerintahkan BNPB, TNI, Polri, dan Menteri Sosial untuk bertindak cepat.

Presiden pun memastikan, keadaan saat ini sudah aman karena tidak berpotensi tsunami. Pasca-gempa, Presiden langsung menghubungi aparat terkait untuk mendapatkan informasi terkini.

"Apabila ada yang memang harus disikapi, kita bergerak," ujar Jokowi di sela-sela menyaksikan pertunjukan wayang kulit di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

4. Terdapat 4 orang luka-luka dan 1 meninggal akibat gempa semalam

Pantau Gempa Banten, Kepala BNPB Langsung ke Pandeglang Hari IniIDN Times/Toni Kamajaya

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan terdapat 4 orang yang mengalami luka-luka dan 1 orang meninggal dunia akibat gempa yang terjadi di Banten tadi malam. tiga orang yang mengalami luka-luka berasal dari Sukabumi dan 1 orang berasal dari Pandeglang.

Sedangkan, warga yang meninggal dunia, bernama Rasinah (48) warga Kp Cilangkahan RT/RW 03/01, Desa Pecangpari, Kecamatan Cigemblong, akibat panik sehingga mengalami serangan jantung.

Baca Juga: Redam Duka Penyintas Gempa, Global Qurban-ACT Ajak Indonesia Berkurban

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya