Comscore Tracker

Presiden Jokowi Habiskan Momen Lebaran dengan Mudik Bersama

Presiden tak lupa blusukan ke pasar di sela-sela mudiknya

Jakarta, IDN Times - Sama seperti masyarakat pada umumnya, Presiden Joko “Jokowi” Widodo menghabiskan momen lebaran bersama dengan keluarga. Selain mengadakan Open House di Istana Negara jakarta, Presiden Jokowi dan keluarga juga berlebaran di Yogyakarta dan kampung halamannya Solo.

Presiden mengunjungi beberapa tempat ketika di Yogyakarta dan Solo. Tentu saja, momen ini menarik perhatian masyarakat dan dimanfaatkan untuk bertatap muka langsung dengan presiden dan keluarganya.

1. Presiden memborong batik untuk cucu di Pasar Beringharjo Yogyakarta

Presiden Jokowi Habiskan Momen Lebaran dengan Mudik BersamaDok. IDN Times

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, mengunjungi Pasar Beringharjo, Yogyakarta pada Sabtu akhir pekan lalu (8/6). Dalam kunjungannya itu, Presiden turut membawa keluarganya, yaitu kedua putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, menantunya Selvi Ananda, serta cucu pertamanya, Jan Ethes Srinarendra.

Presiden menuju deretan kios yang menjual pakaian batik di lapak sebelah utara pasar, lalu masuk ke salah satu kios. Di kios tersebut, Presiden tampak membantu Ibu Iriana memilih beberapa potong pakaian batik. Presiden memilih kemeja batik coklat ukuran anak-anak lalu mencocokkannya dengan ukuran badan Jan Ethes. Sementara Ibu Iriana tampak membelikan batik untuk cucu perempuannya, Sedah Mirah Nasution, anak dari Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Baca Juga: [FOTO] Momen Jan Ethes Ikut Jokowi Belanja di Pasar Gede Solo

2. Sarapan Soto Triwindu di Solo

Presiden Jokowi Habiskan Momen Lebaran dengan Mudik Bersama

Setibanya di Solo, Presiden Jokowi mengawali hari Minggu (9/6) dengan mengajak istri, anak, menantu, dan cucunya untuk menyantap kuliner khas kampung halamannya itu. Presiden dan keluarga sarapan soto di kedai Soto Triwindu di kawasan Keprabon.

Soto Triwindu sendiri merupakan salah satu kuliner legendaris di Solo yang hingga kini selalu menjadi incaran orang-orang yang berkunjung ke Solo. Kedai soto yang sempat berpindah-pindah tempat ini sudah ada sejak 1939.

3. Presiden beserta anak dan mantu blusukan di Pasar Gede Solo

Presiden Jokowi Habiskan Momen Lebaran dengan Mudik BersamaBiro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr

Usai sarapan bersama keluarga di Kedai Soto Triwindu, Jokowi beserta keluarga mengunjungi Pasar Gede Solo. Presiden blusukan ke dalam pasar dan bercengkrama dengan para pedagang di pasar tersebut. Ibu Negara Iriana Joko Widodo pun memanfaatkan momen ini untuk berbelanja yang dibantu dengan anaknya Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka untuk membawakan barang belanjaan.

Blusukan ini tentu saja dimanfaatkan masyarakat untuk bersalaman serta berswafoto dengan presiden dan keluarga. Setelah sekitar 30 menit berkeliling pasar dan belanja, Presiden Jokowi dan keluarga berjalan meninggalkan pasar. Dalam perjalanan pulang, Presiden kembali melayani permintaan warga untuk bersalaman dan berswafoto.

Baca Juga: Presiden Jokowi Belikan Batik untuk Jan Ethes di Pasar Beringharjo

4. Presiden dan Ibu Negara serta Jan Ethes bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta

Presiden Jokowi Habiskan Momen Lebaran dengan Mudik Bersama

Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersilaturahmi ke keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat pada Jumat (7/6) setibanya presiden di Yogyakarta. Tidak hanya dengan Ibu Negara, cucu pertama Presiden Jokowi Jan Ethes Srinarendra juga ikut serta dalam silaturahmi dengan keluarga Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Setibanya di keben keraton, Presiden dan Ibu Negara disambut oleh putri, menantu, dan cucu Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dalam kunjungannya ini, Presiden terlihat berkeliling keraton.

Baca Juga: Lebaran di Solo, Jokowi Ajak Jan Ethes Jalan-jalan ke Pasar Burung

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You