Comscore Tracker

Sekjen Demokrat: Belum Tentukan Sikap Karena Masih Berduka

Rapat majelis tinggi digelar setelah 40 hari wafatnya Bu Ani

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan Partai Demokrat belum menentukan sikap terkait rekonsiliasi, setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Pilpres 2019, Minggu (30/6).

Seperti diketahui, Demokrat sebelumnya tergabung dalam Koalisi Indonesia Adil Makmur pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

1. Demokrat belum tentukan sikap

Sekjen Demokrat: Belum Tentukan Sikap Karena Masih BerdukaIDN Times/Marisa Safitri

Demokrat belum memutuskan sikap dan arah politiknya, sebelum 10 Juli mendatang, dengan alasan masih dalam situasi berduka atas wafatnya mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono pada 1 Juni lalu.

“Partai Demokrat masih berduka sampai 10 Juli nanti. Setelah 10 Juli kami akan menyampaikan sikap dan kegiatan dari Partai Demokrat,” kata Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan di kantor KPU, Jakarta, Minggu (30/6).

Baca Juga: Jelang Putusan MK, PAN dan Demokrat Merapat ke Kertanegara

2. Demokrat akan tentukan sikap setelah rapat majelis tinggi

Sekjen Demokrat: Belum Tentukan Sikap Karena Masih BerdukaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Hinca yang menghadiri penetapan Presiden dan Wakil Presiden terpilih itu menyebutkan, sikap dan arah politik Demokrat akan diputuskan petinggi partai melalui rapat majelis tinggi partai.

3. Demokrat menilai rekonsiliasi usai putusan KPU harus segera dilaksanakan

Sekjen Demokrat: Belum Tentukan Sikap Karena Masih BerdukaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sementara, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan yang sempat tergabung dalam Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga berpendapat, rekonsiliasi Jokowi-Prabowo pascapilpres perlu segera dilakukan.

“Rekonsiliasi menjadi PR bersama. Silaturahmi sehingga polarisasi masyarakat tidak ada lagi,” tutur Syarief, dilansir kantor berita Antara.

4. Demokrat imbau siapapun harus mendukung pemerintahan terpilih

Sekjen Demokrat: Belum Tentukan Sikap Karena Masih BerdukaIDN Times/Afriani Susanti

Syarief mengatakan pelaksanaan Pilpres telah selesai, sehingga semua partai politik dan masyarakat Indonesia harus mendukung pemerintahan yang terpilih.

Baca Juga: Pengamat: Demokrat dan PAN akan Segera Merapat ke Koalisi Jokowi

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya