Comscore Tracker

Positif COVID-19, Petahana di Pilkada Lampung Tengah Kontak 100 Orang

Loekman Djoyosoemarto positif COVID-19 usai dari Jakarta

Bandar Lampung, IDN Times - Bupati nonaktif Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto terkonfirmasi positif COVID-19. Loekman terkonfirmasi positif virus corona lantaran memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta.

Pascaperjalanan dari Jakarta, bupati berusia 65 tahun itu mengeluhkan demam dan batuk. Loekman dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 sejak Minggu, 27 September 2020 malam, setelah melakukan tes usap dengan alat Tes Cepat Molekuler (TCM). 

Loekman menjadi pasien ke-847 asal Lampung yang terkonfirmasi positif COVID-19. Sang istri pun terkonfirmasi positif virus corona dan terdata sebagai pasien nomor 848 berusia 62 tahun.

Baca Juga: Keselamatan Rakyat Hukum Tertinggi: Pilkada 2020 untuk Siapa?

1. Sebanyak 100 orang kontak erat dengan Loekman

Positif COVID-19, Petahana di Pilkada Lampung Tengah Kontak 100 OrangKepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana. (IDN Times/Martin L Tobing)

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Lampung Reihana mengatakan, pihaknya telah melakukan tracing dengan orang-orang yang berkontak erat dengan sang bupati. Tercatat, ada 100 orang kontak erat dengan Loekman setelah ditelusuri petugas.

"(Sebanyak) 100 orang ini hasil penelusuran kami. Besok akan keluar hasilnya (swab test)," kata Reihana, Senin (28/9/2020).

Merujuk data yang dipublikasi Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Tengah menjadi kabupaten penyumbang kasus positif COVID-19 terbanyak nomor dua, setelah Kota Bandar Lampung. Jumlahnya mencapai 107 kasus.

2. Sempat beredar video Loekman dan istri dibawa ambulans

Positif COVID-19, Petahana di Pilkada Lampung Tengah Kontak 100 OrangIlustrasi Ambulans (IDN Times/Aryodamar)

Kabar Loekman dan sang istri diduga positif COVID-19 bermula dari video yang beredar melalui WhatsApp pada hari ini. Di video itu, ada ambulans dan petugas kesehatan mengenakan Alat Pelindung diri (APD) mengantarkan dua pasien ke gedung isolasi RSUD Demang Sepulau Raya di Lampung Tengah.

Terlihat Loekman meminta kepada rekan sejawatnya tidak cemas dan khawatir kondisi kesehatannya. "Buat rekan-rekan semua tidak usah khawatir dan cemas, serta gelisah karena saat ini saya tidak apa-apa, tidak ada yang saya rasakan saat ini kecuali lemas karena kemarin-kemarin tidak nafsu makan," kata dia, dalam video tersebut.

3. Loekman meminta masyarakat tidak khawatir karena kondisinya mulai membaik

Positif COVID-19, Petahana di Pilkada Lampung Tengah Kontak 100 OrangIlustrasi (Dok. Biro Hukum, Kerja Sama, dan Humas BPPT)

Dalam video tersebut, Loekman juga sempat memberikan pernyataan terkait kondisi kesehatannya saat ini. Ia mengaku dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Demang Sepulau Raya, Gunung Sugih, Lampung Tengah, mulai hari ini.

Dalam video berdurasi 1 menit 37 detik itu, Loekman terlihat berbaring memakai kaus merah berkerah. Tangan kirinya juga terlihat sudah diinfus. Dia mengatakan kondisinya baik-baik saja dan meminta masyarakat tak perlu khawatir.

"Buat rekan-rekan semua, gak usah khawatir, cemas, dan gelisah. Saya tidak apa-apa," terang adik kandung mantan Jaksa Agung Muhammad Prasetyo ini.

Selain itu, Loekman juga menyatakan, dua hari terakhir nafsu makannya menurun drastis. Imbasnya kondisi tubuhnya pun melemah. Namun mulai hari ini nafsu makannya sudah mulai pulih dan kondisi tubuhnya jauh lebih baik dari dua hari yang lalu.

"Jadi tidak usah cemas karena saya tidak sesak batuk dan pilek, ini hanya percikan-percikan kecil saja. Ini saya tinggal memperbaiki stamina saja, jadi jangan cemas bagi rekan-rekan," ujar dia.

4. Loekman tak menghadiri pengundian nomor urut paslon Pilkada Lampung Tengah

Positif COVID-19, Petahana di Pilkada Lampung Tengah Kontak 100 OrangIlustrasi Pilkada Serentak 2020 (http://updatenews.co.id/dua-kandidat-bapaslon-pilkada-pandeg)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Tengah mengundi nomor urut calon bupati dan wakil bupati Lampung Tengah, Sabtu, 26 September 2020. Hasilnya, pasangan nomor urut 1 Loekman Djoyosoemarto-M Ilyas Hayani Muda, nomor urut 2 Musa Ahmad-Ardito Wijaya, dan nomor urut 3 Nessy Kalvia-Imam Suhadi.

Namun, saat pengundian, Loekman tak menghadiri acara itu. Terkait ketidakhadiran dia di pengundian nomor urut calon, Ilyas mengatakan, kondisi pasangannya kurang sehat. Pada saat pengundian nomor urut, Loekman diwakili Sekretaris DPC PDIP Lamteng Agus Hamid.

Dalam Pilkada Kabupaten Lampung Tengah, paslon Loekman Djoyosoemarto-M Ilyas Hayani Muda diusung PDIP dan Partai Gerindra. Dua partai ini memiliki 17 kursi di DPRD di wilayah ini.

5. Status pasien COVID-19 tak menggugurkan kepesertaan Pilkada Lampung Tengah

Positif COVID-19, Petahana di Pilkada Lampung Tengah Kontak 100 Oranglampungtengahkab.go.id

KPU Lampung Tengah menyatakan, status Loekman yang dinyatakan positif COVID-19, tidak memengaruhi pencalonan sebagai Paslon Pilkada 2020.

"Meskipun nantinya benar bahwa pak Loekman positif COVID-19, itu sudah tidak mempengaruhi lagi dia sebagai calon bupati yang akan bertarung pada pilkada," kata Ketua KPU Lampung Tengah Irawan Indrajaya, dilansir ANTARA, Senin.

Irawan menambahkan, Loekman telah menyelesaikan tahapan pencalonan. "Tahapan tetap lanjut dan yang bersangkutan masih sebagi calon bupati. Namun harus istirahat karena sakit, sehingga tidak bisa ikut kampanye atau sosialisasi," ujar dia.

Baca Juga: Pakar: Penting, Pemerintah Terbitkan Perppu Pilkada Serentak 2020

Topic:

  • Martin Tobing
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya