Pesawat Tergelincir di Bandara Lampung, Ini Pernyataan Resmi Lion Air

Terbang dari Batam menuju Bandara Radin Inten II Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Manajemen Lion Air mengeluarkan pernyataan resmi terkait pesawat terbang JT-173 melayani dari Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (BTH) tujuan Bandar Udara Radin Inten II, Natar, Lampung Selatan tergelincir, Minggu (20/12/2020).

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan, pesawat tersebut telah lolos standar operasional prosedur (SOP) serta mengikuti sebagaimana pedoman protokol kesehatan. Lion Air sudah mempersiapkan penerbangan JT-173 menggunakan pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LGP.

"Sebelum keberangkatan telah menjalani pemeriksaan (pre-flight check) dan pesawat dinyatakan aman untuk terbang (safe for flight). Seluruh awak pesawat yang bertugas sudah melalui proses pengecekan serta pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat, dan dinyatakan sehat untuk bertugas (healthy for flight)," ujarnya dalam pernyataan tertulis.

Baca Juga: [BREAKING] Penyebab Lion Air Tergelincir Masih Diinvestigasi

1. Saat mendarat kondisi hujan deras

Pesawat Tergelincir di Bandara Lampung, Ini Pernyataan Resmi Lion AirIlustrasi hujan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Lion Air penerbangan JT-173 membawa tujuh awak pesawat serta 125 penumpang dewasa, satu anak-anak, dua balita. Pesawat lepas landas dari Bandara Hang Nadim pukul 13.33 WIB. Pesawatn mendarat di Bandar Udara Radin Inten II pada 14.45 WIB.

Danang mengatakan, Lion Air penerbangan JT-173 mendarat di Bandara Radin Inten II dalam kondisi hujan deras. Selain itu, jarak pandang memenuhi kualifikasi proses pendaratan pesawat udara.

Setelah pesawat dalam kecepatan rendah dan proses untuk berbelok arah menuju pelataran parkir (apron), badan pesawat keluar dari landas pacu (runway).

2. Seluruh penumpang dan awak pesawat selamat

Pesawat Tergelincir di Bandara Lampung, Ini Pernyataan Resmi Lion AirIlustrasi Infrastruktur (Pesawat) (IDN Times/Arief Rahmat)

Danang menyatakan, seluruh penumpang dan awak pesawat dalam kondisi selamat. Mereka sudah dievakuasi ke gedung terminal bandara Radin Inten II.

"Lion Air akan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pengelola bandar udara setempat dan instansi lain yang terkait dalam proses evakuasi pesawat," ujarnya.

3. Manajemen minta maaf

Pesawat Tergelincir di Bandara Lampung, Ini Pernyataan Resmi Lion AirDok.Istimewa/Lion Air

Manajemen Lion Air Group menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul atas terganggunya perjalanan udara dampak kejadian pada penerbangan JT-173 di Bandar Udara Radin Inten II, Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (20/12/2020).

Seluruh penumpang yang terdiri dari 125 penumpang dewasa, satu anak-anak dan dua balita serta tujuh awak pesawat dalam keadaan selamat. Keseluruhan sudah dievakuasi dari pesawat dan dibawa ke ruang tunggu di gedung terminal bandar udara, guna memperoleh penanganan serta mendapatkan informasi lebih lanjut.

"Informasi terkini, penumpang penerbangan JT-173 sudah meninggalkan bandar udara dengan membawa barang bawaan serta bagasi masing-masing. Lion Air sedang berkoordinasi dan bekerja sama dengan pengelola bandar udara setempat dan instansi lain yang terkait dalam proses evakuasi pesawat," terang Danang.

Baca Juga: [BREAKING] Pesawat Lion Air Tergelincir dari Bandara Radin Inten II

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya