Pertamina Eco-RunFest 2022 Ajak Pengunjung Galakkan Sustainable Living

Eco-Market tawarkan produk yang mengedepankan sustainability

Jakarta, IDN Times - Setelah 8 tahun menuai sukses dalam penyelenggaraannya, tahun ini Pertamina Eco-Run kembali hadir dengan konsep baru yang lebih segar, yakni ‘Pertamina Eco RunFest 2022’. Kegiatan olahraga seru ini akan digelar pada Minggu, 27 November 2022, di Istora Senayan, Jakarta. 

Pertamina Eco RunFest 2022 tidak hanya menyuguhkan ajang lari Eco-Run, tapi juga menghadirkan Eco-Festival (Eco-Fest) yang terdiri atas festival musik lintas generasi ‘Energizing Music Festival’ dan bazar ‘Eco-Market’ yang mendukung sustainable living atau gaya hidup berkelanjutan.

Eco-Market yang diramaikan puluhan tenant dan sponsor akan menyuguhkan berbagai produk makanan dan minuman yang siap menemani pengunjung menikmati festival dari pagi hingga malam hari. Selain itu, Eco-Market juga menawarkan berbagai produk slow fashion yang mengedepankan aspek sustainability dalam produksinya, serta produk-produk kecantikan berbahan dasar lokal dan ramah lingkungan. 

1. Pengunjung akan diajak mengikuti berbagai workshop gratis

Pertamina Eco-RunFest 2022 Ajak Pengunjung Galakkan Sustainable LivingPertamina Eco RunFest 2022 akan dilaksanakan pada 27 November 2022 di Istora Senayan, Jakarta. (Dok. Pertamina)

Untuk merasakan serunya gaya hidup berkelanjutan, pengunjung juga akan diajak mengikuti berbagai workshop gratis seperti pembuatan tempe dan edukasi pola makan bijak untuk anak-anak, pembuatan pegangan botol minum dan phone case berbahan dasar sampah plastik, pembuatan sabun berbahan alami, serta pembuatan batik Eco-printing menggunakan pewarna alami ramah lingkungan. 

Seluruh workshop ini dapat diikuti pengujung dengan melakukan registrasi yang akan dibuka pada H-4 acara, yakni tanggal 23 November 2022 di media sosial Instagram @pertamina.ecorunfest.

Baca Juga: Pertamina Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

2. Gaya hidup berkelanjutan dimulai dari kita semua

Pertamina Eco-RunFest 2022 Ajak Pengunjung Galakkan Sustainable LivingPertamina Eco RunFest 2022 akan dilaksanakan pada 27 November 2022 di Istora Senayan, Jakarta. (Dok. Pertamina)

Pjs VP Corporate Communication Heppy Wulansari mengatakan, Pertamina Eco RunFest 2022 diadakan untuk menggalakkan gaya hidup berkelanjutan di kalangan masyarakat.

"Sejalan dengan aspirasi Pertamina untuk mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060. Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama memulai gerakan ramah lingkungan, dimulai dari kita semua, dari hal-hal sederhana seperti mengurangi sampah dan memilih produk-produk yang berpihak pada bumi," kata Heppy.

Dalam Pertamina Eco RunFest, pengunjung diajak untuk mengenal lebih dekat program transisi energi, energi baru terbarukan, serta upaya-upaya dekarbonisasi yang mendukung masa depan Indonesia yang lestari dan berdikari. 

3. Pertamina Eco RunFest 2022 mengoptimalkan penggunaan material ramah lingkungan

Pertamina Eco-RunFest 2022 Ajak Pengunjung Galakkan Sustainable LivingPertamina Eco RunFest 2022 akan dilaksanakan pada 27 November 2022 di Istora Senayan, Jakarta. (Dok. Pertamina)

Sebagai upaya menghadirkan festival yang lebih ramah bagi bumi, Pertamina Eco RunFest 2022 mengoptimalkan penggunaan material ramah lingkungan yang dapat terurai kembali (degradable), serta material hasil daur ulang (recycled) atau yang digunakan kembali (reused). Para tenant juga diimbau meminimalisasi penggunaan plastik dengan menggunakan kemasan yang dapat didaur ulang. 

Pertamina memastikan pelaksanaan manajemen sampah yang bertanggung jawab, bekerja sama dengan Rekosistem yang akan menyiapkan mengumpulkan, memilah, mendaur ulang, dan mengolah sampah yang dihasilkan dari festival ini. 

“Tujuan dilakukannya manajemen sampah ini adalah agar sampah yang dihasilkan dari kegiatan Pertamina Eco RunFest tidak langsung masuk ke tempat pembuangan akhir. Akan tetapi, dipilah terlebih dahulu. Jadi, diharapkan 90% sampah yang dihasilkan tersebut bisa diolah kembali,” ungkap Heppy.

Heppy menambahkan, untuk mengurangi sampah plastik, para pengunjung juga diimbau dan diharapkan untuk dapat membawa tempat minum masing-masing (tumbler) dan mengisinya di beberapa water station maupun di kedai-kedai minuman favorit yang telah disediakan di Eco-Fest. 

Untuk informasi lebih jelas terkait Pertamina Eco RunFest 2022, publik dapat mengunjungi www.pertaminaecorunfest.com, media sosial Instagram @pertamina.ecorunfest dan E-mail  info@pertaminaecorunfest.com. (WEB)

Baca Juga: Pertamina Eco RunFest 2022 Siap Digelar, Pertamina Utamakan Hal Ini

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya