BPJS Kesehatan Beri Dukungan Penuh bagi Peningkatan Layanan JKN-KIS

Dirut BPJS Kesehatan apresiasi RSI Siti Hajar Sidoarjo

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti, mendorong dan memberikan dukungan penuh bagi seluruh fasilitas kesehatan dalam mengembangkan ketersediaan fasilitas dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS. 

“Peningkatan jumlah peserta juga harus diiringi dengan peningkatan kualitas layanan kepada peserta, baik layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan maupun layanan bagi peserta JKN-KIS di fasilitas kesehatan. Peningkatan kualitas layanan tersebut juga menjadi fokus utama yang senantiasa kami upayakan agar dapat memenuhi kebutuhan peserta,” ujarnya dalam Kunjungan Peresmian Gedung IGD Modern dan Layanan Kemoterapi RSI Siti Hajar Sidoarjo, Selasa (28/9/2021).

1. Standar penanganan kegawatdaruratan harus senantiasa diperhatikan

BPJS Kesehatan Beri Dukungan Penuh bagi Peningkatan Layanan JKN-KISDirektur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti, dalam Kunjungan Peresmian Gedung IGD Modern dan Layanan Kemoterapi RSI Siti Hajar Sidoarjo, Selasa (28/9/2021). (Dok. BPJS Kesehatan)

Lebih lanjut Ghufron mengapresiasi peresmian Gedung IGD Modern dan Layanan Kemoterapi RSI Siti Hajar Sidoarjo. Dengan diresmikannya Gedung IGD Modern di RSI Siti Hajar diharapkan RSI Siti Hajar dapat memberikan pelayanan kegawatdaruratan yang sesuai dengan kompetensi dan kemampuan dengan waktu respons yang cepat serta penanganan yang tepat.

“Hal ini mengingat bahwa IGD merupakan pertolongan pertama pasien pada kondisi gawat darurat sehingga standar penanganan kegawatdaruratan harus senantiasa diperhatikan. Gedung IGD Modern di RSI Siti Hajar diharapkan dapat memberikan pelayanan darurat yang baik dan terarah agar mutu pelayanan kesehatan dapat terjaga bahkan meningkat dengan pesat,” katanya.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Gandeng KPK Cegah Gratifikasi

2. Beri kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kemoterapi yang optimal

BPJS Kesehatan Beri Dukungan Penuh bagi Peningkatan Layanan JKN-KISilustrasi obat-obatan kemoterapi (unsplash.com/National Cancer Institute)

Selain itu, ketersediaan layanan kemoterapi di RSI Siti Hajar tentu sangat dibutuhkan karena kanker masih menjadi masalah kesehatan terbesar di Indonesia dan menjadi penyebab kematian tertinggi kedua setelah penyakit kardiovaskuler. Diharapkan dengan diresmikannya layanan kemoterapi di RSI Siti Hajar, penatalaksanaan kasus kanker di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya akan lebih komprehensif.

“Hal ini juga untuk memberi kemudahan akses bagi masyarakat, khususnya bagi peserta JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan kemoterapi yang optimal sehingga dapat mencegah angka kematian akibat kanker,” tambah Ghufron.

3. Penguatan kolaborasi untuk pengoptimalan JKN-KIS

BPJS Kesehatan Beri Dukungan Penuh bagi Peningkatan Layanan JKN-KISPetugas BPJS Kesehatan menunjukan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) online miliknya di kantor Pelayanan BPJS Kesehatan Jakarta Selatan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sementara itu, Bupati Kabupaten Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menyampaikan bahwa sebuah pemerintahan atau akselerasi pembangunan, termasuk penyelenggaraan Program JKN-KIS di wilayah setempat, perlu dioptimalkan dengan memperkuat kolaborasi antar-stakeholders.

Di Kabupaten Sidoarjo, hampir seluruh rumah sakit bahu-membahu melawan COVID-19, dari vaksinasi, perawatan hingga pemulasaran jenazah. Ia pun mengapresiasi BPJS Kesehatan yang turut mendukung pemerintah menangani COVID-19 sesuai dengan tupoksinya. 

"Saya harap kerja sama ini terus berjalan. Dengan diresmikannya Gedung IGD Modern dan Layanan Kemoterapi RSI Siti Hajar, saya ucapkan apresiasi sebesar-besarnya. Semoga bisa memberikan layanan kepada masyarakat umum dan peserta JKN-KIS, serta menjadi ladang pahala bagi kita semua," pungkas Muhdlor. (WEB)

Baca Juga: Dirut BPJS Kesehatan Dorong Stakeholder Gotong Royong Atasi Covid-19

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya