Bupati Garut Lantik 4 PNS Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama  

Pegawai yang dilantik sudah memenuhi ketentuan sebagai JPTP

Jakarta, IDN Times – Bupati Garut Rudy Gunawan melantik dan mengambil sumpah 4 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut yang dilaksanakan di Lapang Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Rabu (24/5/2023).

Rudy melantik Sekretaris Dinas Kesehatan Garut; dr. Leli Yuliani menjadi Kepala Dinas Kesehatan Garut, Kepala Bagian Organisasi Setda Garut; Ridzky Ridznurdhin menjadi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Garut, Kepala Bagian Hukum Setda Garut; Margiyanto menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Garut, dan Sekretaris Disperindag Garut; Ridwan Effendi menjadi Kepala Disperindag ESDM Garut.

Dalam pengantar sumpah jabatan, Rudy menyampaikan bahwa hari pelantikan ini merupakan hari yang bersejarah bagi PNS dalam JPTP yang dilantik. Pelantikan ini dilaksanakan karena para pegawai yang terpilih sudah memenuhi kewajiban dan ketentuan sebagai JPTP di lingkungan Pemdakab Garut.

"Untuk menjadi Pejabat Tinggi Pratama melalui suatu proses, dan tentu sesuai dengan PP 11 2017 dan peraturan pelaksanaan lain. Saudara masuk ke dalam 3 besar, dan tentu setelah 3 besar ada Perbup yang sudah kita tetapkan dari agregat tidak boleh kurang daripada 75," katanya.

1. Seluruh JPTP yang dilantik diharapkan bekerja dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab

Bupati Garut Lantik 4 PNS Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama  Ilustrasi PNS. (IDN Times/Irwan Idris)

Menurut Rudy, tidak mudah bagi dirinya dan Wakil Bupati Garut untuk menentukan siapa yang akan terpilih menjadi JPTP. Ia menerangkan, Kabupaten Garut merupakan kabupaten yang mempunyai permasalahan pelik, salah satunya mengenai pendapatan perkapita, dengan pendapatan perkapita Kabupaten Garut per orang Rp22 juta.

"Rata-rata pendapatan Provinsi Jawa Barat 43 juta, dan rata-rata pendapatan per kapita Indonesia adalah 72 juta, sedangkan pendapatan perkapita Singapura adalah 490 juta," ucapnya.

Ia berharap, seluruh JPTP yang dilantik dapat bekerja dengan bersungguh-sungguh dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Kucurkan Rp58,1 Triliun untuk Pensiunan PNS

2. Rasa syukur akan diwujudkan dengan kesungguhan dan penuh tanggung jawab dalam bekerja

Bupati Garut Lantik 4 PNS Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama  Ilustrasi PNS (setkab.go.id)

Salah satu pejabat yang dilantik, Margiyanto, sebagai Kepala Diskominfo Kabupaten Garut menuturkan bahwa apa yang disampaikan oleh Bupati Garut akan menjadi tugas dan tanggung jawab bagi dirinya untuk melaksanakan tugasnya dengan seoptimal mungkin. Dirinya juga membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk memenuhi target yang telah ditentukan oleh pimpinan.

"Tentu saya sangat bersyukur atas kepercayaan yang diembankan kepada saya, dari Pak Bupati, Pak Wakil Bupati, dan dari Pak Sekda selaku Ketua Pansel, dan ini merupakan hal yang sangat terhormat bagi saya," ujarnya.

Margiyanto menambahkan, jabatan ini bagian dari pengembangan karier, dan hal ini disyukuri sebagai titik pencapaiannya dalam kariernya. Baginya, rasa syukur itu akan diwujudkan dengan kesungguhan dan penuh tanggung jawab dalam bekerja.

3. Akan meningkatkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

Bupati Garut Lantik 4 PNS Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama  Ilustrasi digitalisasi (marketeers)

Margiyanto menyatakan, prioritas yang akan dijalankannya dengan mengembangkan komunikasi dengan semua pihak. Selain itu, dirinya akan meningkatkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), agar Diskominfo khususnya Kabupaten Garut, mampu memiliki daya saing dan sejajar dengan daerah-daerah yang lebih baik lagi.

"Target pertama tentu saya akan melakukan Rapat Koordinasi dengan berbagai pihak, terutama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah. Kita akan berupaya untuk fokus mengejar berbagai hal yang masih menjadi pekerjaan rumah kita, baik itu SPBE, kemudian pengelolaan informasi di tingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah karena kita punya banyak gugatan," ujarnya. 

Turut hadir Sekretaris Daerah Nurdin Yana, para asisten sekda, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Jajat Darajat, para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan para pegawai lingkup Pemdakab Garut. (WEB)

Baca Juga: Uang Lembur PNS Pusat Bakal Naik di 2024, Segini Besarannya

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya