Pegadaian Gandeng Plustik untuk Daur Ulang 1 Ton Sampah Plastik 

Libatkan puluhan millennial BUMN

Jakarta, IDN Times – PT Pegadaian bersama bank sampah Kitiran Emas binaannya di Solo menyerahkan 1 ton sampah plastik untuk diolah kembali menjadi benda yang mempunyai nilai guna. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Konser Lokananta 2023 yang digelar di Solo, 3-4 Juni 2023. 

Bagaimana tidak, dengan melibatkan puluhan millennial BUMN termasuk millennial Pegadaian yang juga berkolaborasi dengan startup Plustik, tim bersih-bersih berhasil mengumpulkan hingga 1 ton sampah. Sampah tersebut kemudian diserahkan secara simbolis oleh tim Plustik kepada Pegadaian Area Surakarta untuk dikelola Bank Sampah Kitiran Emas Binaan Pegadaian di Kota Solo.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Plustik dan para millennial BUMN yang telah bekerja keras menjadi relawan untuk mengumpulkan sampah di area Konser Lokananta 2023 selama 2 hari ini,” jelas Suwarno.

1. Bisa memotivasi anak-anak muda untuk mulai peduli terhadap lingkungan

Pegadaian Gandeng Plustik untuk Daur Ulang 1 Ton Sampah Plastik PT Pegadaian bersama bank sampah Kitiran Emas binaannya di Solo menyerahkan 1 ton sampah plastik untuk diolah kembali menjadi benda yang mempunyai nilai guna. (Dok. Pegadaian)

Suwarno menambahkan, gerakan seperti ini menjadi penting karena dapat memotivasi anak-anak muda untuk mulai peduli terhadap lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan. 

Sementara itu, Founder Startup Plustik Reza Hasfinanda mengaku sangat senang bisa berkolaborasi dengan BUMN untuk melakukan gerakan bersih-bersih sampah. Reza berharap kegiatan ini dapat terus berlangsung agar masyarakat semakin aware terhadap lingkungan khususnya pada pengelolaan sampah seperti sampah plastik rendah nilai. 

Baca Juga: Pegadaian Gelar Pelatihan untuk Mengembangkan UMKM Nasional

2. Pegadaian juga memberikan hadiah berupa Tabungan Emas

Pegadaian Gandeng Plustik untuk Daur Ulang 1 Ton Sampah Plastik Pengunjung membeli emas di Butik Emas Antam. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Reza juga mengucapkan syukur karena kegiatan bersih-bersih sampah di Solo berjalan lancar. 

“Semoga apa yang kita lakukan selama 2 hari ini dapat memberi contoh yang baik untuk masyarakat. Kami juga berharap sampah high value yang telah berhasil dikumpulkan dan berikan kepada bank sampah Pegadaian bisa dimanfaatkan untuk menjadi sesuai hal yang bernilai,” tambahnya.

Sebagai bentuk apresiasi kepada 5 orang penonton konser yang ikut berpartisipasi untuk mengumpulkan sampah terbanyak di area konser, Pegadaian juga memberikan hadiah berupa Tabungan Emas masing-masing sebesar Rp250 ribu. 

3. Komitmen BUMN untuk mengedepankan pembangunan berkelanjutan

Pegadaian Gandeng Plustik untuk Daur Ulang 1 Ton Sampah Plastik PT Pegadaian bersama bank sampah Kitiran Emas binaannya di Solo menyerahkan 1 ton sampah plastik untuk diolah kembali menjadi benda yang mempunyai nilai guna. (Dok. Pegadaian)

Sebelumnya Kementerian BUMN juga melakukan aksi serupa dengan melibatkan para millennial BUMN yang digelar di Labuan Bajo untuk memicu kesadaran generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan. 

Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, hal ini sejalan dengan komitmen BUMN untuk mengedepankan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) dalam memberikan manfaat nyata bagi lingkungan. (WEB)

Baca Juga: Konsisten Beri Pelayanan Terbaik, Pegadaian Sabet Penghargaan Ini

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya