Kemkominfo Beri Edukasi Pembuatan Konten Video Menarik bagi Masyarakat

Literasi digital di akhir pekan bersama Aulion dan Afgan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama dengan GNLD Siberkreasi menginisiasikan kegiatan daring #MakinCakapDigital dengan tema “Membuat Video Kreatif dengan Smartphone” melalui dua program unggulan, yakni Nge-Zoom Bareng Public Figure dan Gali Ilmu. 

Melalui kegiatan tersebut, Kemkominfo dan Siberkreasi ingin memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pembuatan konten video yang kreatif dan menarik secara sederhana.

Untuk itu, Aulion sebagai konten kreator yang sudah ahli dalam membuat video yang kreatif dengan karakternya yang penuh warna diundang untuk menjadi narasumber dalam kegiatan ini. 

Dalam program Gali Ilmu, Aulion memberikan banyak tips mengenai pembuatan konten video yang menarik sehingga dapat diterima masyarakat luas. Untuk lebih jelasnya, yuk simak di bawah ini!

1. Menginspirasi satu orang jauh lebih baik daripada gak sama sekali

Kemkominfo Beri Edukasi Pembuatan Konten Video Menarik bagi MasyarakatKemkominfo bersama dengan GNLD Siberkreasi menginisiasikan kegiatan daring #MakinCakapDigital dengan tema “Membuat Video Kreatif dengan Smartphone”. (Dok. Kemkominfo)

Menurut Aulion, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat kita ingin membuat konten video, di antaranya visualisasi, anti-mainstream, relatable, dan menggunakan teks. Tidak hanya itu, hal terpenting lainnya saat kita membuat video adalah dengan memublikasikannya. 

“Dengan memublikasikan video, kita akan mendapatkan feedback, kritik, dan saran dari orang lain sehingga konten kita ke depannya dapat lebih baik lagi. Selain itu, dengan kita memublikasikan video kita, memungkinkan untuk kita menjadi sumber inspirasi orang lain. Menginspirasi satu orang jauh lebih baik daripada gak sama sekali,” jelasnya. 

Tidak hanya kreatif dalam membuat video, saat Aulion memaparkan materinya dalam kegiatan ini, ia menampilkan presentasi materinya yang ia produksi hanya dengan fitur Instagram Story. Hal ini patut dijadikan sebagai inspirasi para peserta bahwa kreativitas bisa diciptakan melalui media apa pun.

Baca Juga: Kementerian Kominfo Bekerja Sama Adakan Kelas Asah Digital

2. Pemanfaatan teknologi digital untuk berkreasi

Kemkominfo Beri Edukasi Pembuatan Konten Video Menarik bagi MasyarakatKemkominfo bersama dengan GNLD Siberkreasi menginisiasikan kegiatan daring #MakinCakapDigital dengan tema “Membuat Video Kreatif dengan Smartphone”. (Dok. Kemkominfo)

Selain program Gali Ilmu yang menghadirkan Aulion, program Nge-Zoom Bareng Public Figure juga menghadirkan tokoh yang tidak kalah menariknya, yakni Afgan, dengan tema yang diangkat pada sesi ini ialah “Kreasi Musisi di Era Digital”. 

Berbicara mengenai digitalisasi, menurut Afgan, teknologi digital telah memberikan manfaat dalam menunjang kreasi musisi/seniman. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa keberadaan media sosial telah memudahkan musisi untuk memasarkan produk ciptaannya sehingga dapat sampai kepada masyarakat dengan lebih mudah melalui konten-konten yang kreatif. 

Hal itu pun pernah terjadi kepada Afgan. Platform Tik-Tok digunakannya sebagai media platform dalam memasarkan produk musiknya dengan mengeluarkan challenge, tidak disangka bahwa teknik pasar melalui challenge Tik-Tok yang diterapkan Afgan berhasil menarik antusias 80 juta lebih pengguna Tik-Tok untuk mengikuti challenge-nya. 

Melalui kegiatan ini juga, Afgan memberikan tips kepada peserta mengenai pemanfaatan teknologi digital untuk berkreasi menghasilkan produk yang kreatif. 

“Hal utama yang terpenting adalah mencari tujuan akan hal apa yang kita ingin lakukan di media sosial kita. Selanjutnya, kejujuran dan inspirasi menjadi nilai yang mendukung untuk kita berkreasi,” tambahnya.

3. Terus berupaya menyajikan tema-tema menarik

Kemkominfo Beri Edukasi Pembuatan Konten Video Menarik bagi MasyarakatKemkominfo bersama dengan GNLD Siberkreasi menginisiasikan kegiatan daring #MakinCakapDigital dengan tema “Membuat Video Kreatif dengan Smartphone”. (Dok. Kemkominfo)

Kehadiran Aulion dan Afgan pada akhir pekan kali ini telah memberikan banyak antusiasme masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan begitu banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan ini yang tidak hanya dari Indonesia saja tetapi juga dihadiri oleh peserta dari luar negeri. 

Melalui kegiatan akhir pekan ini, Kemkominfo dan Siberkreasi akan terus berupaya menyajikan tema-tema menarik yang bermanfaat bagi masyarakat dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang inspiratif. 

Untuk itu, ayo ikuti kegiatan Literasi Digital lainnya sebagai kegiatan dalam mengisi waktu luang menjadi lebih produktif dan bermanfaat. Untuk kegiatan literasi digital bermanfaat lainnya, silakan follow akun media sosial @siberkreasi atau mengakses website info.siberkreasi.id. (WEB) 

Baca Juga: Bangkitkan Ekonomi Digital Desa, Kominfo Gelar Siberkreasi Local Fest 

Topik:

  • Marwan Fitranansya
  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya