Irigasi Perpipaan Bantu Pertanian di Sorong Berkembang Pesat  

Air jadi salah satu faktor penting bagi pertanian

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pertanian (Kementan) merealisasikan program irigasi perpipaan untuk Kelompok Tani Insap I di Desa Klaru, Kecamatan Mariat, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Irigasi perpipaan mendorong sektor pertanian di Sorong berkembang semakin pesat. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjelaskan, air merupakan kebutuhan mutlak untuk sektor pertanian. Tanpa air, Mentan SYL menilai mustahil pertanian akan berkembang dengan baik.

"Air itu salah satu faktor penting bagi pertanian. Untuk itu, irigasi perpipaan ini merupakan program strategis untuk mengaliri lahan persawahan milik petani agar tak terganggu," ujar Mentan SYL melalui keterangan resminya, Rabu (6/10/2021). 

1. Pasokan air amat penting untuk menggenjot produktivitas pertanian

Irigasi Perpipaan Bantu Pertanian di Sorong Berkembang Pesat  Foto di udara irigasi pertanian di areal pesawahan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. (Dok. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil, memaparkan bahwa pasokan air amat penting untuk menggenjot produktivitas pertanian di Kabupaten Sorong.

Baginya, aktivitas pertanian tidak boleh terganggu. Pertanian tidak boleh bermasalah. 

"Oleh karena itu, kita memastikan air selalu tersedia untuk mendukung produksi pertanian, salah satunya melalui irigasi perpipaan," ujar Ali. 

Baca Juga: Kementan Dukung Perluasan Akses Pasar Internasional Ekspor Buah

2. Maksimalkan fungsi irigasi perpipaan

Irigasi Perpipaan Bantu Pertanian di Sorong Berkembang Pesat  Kementerian Pertanian (Kementan) merealisasikan program irigasi perpipaan untuk Kelompok Tani Insap I di Desa Klaru, Kecamatan Mariat, Kabupaten Sorong, Papua Barat. (Dok. Kementan)

Ali menuturkan, irigasi perpipaan bisa menjadi solusi saat kemarau. 

"Sebagai bagian dari water management, irigasi perpipaan ini memastikan air bisa selalu tersedia untuk memenuhi kebutuhan lahan pertanian, termasuk saat kemarau sehingga produksi pertanian benar-benar tidak terganggu," katanya.

Ali berharap masyarakat sekitar bisa menjaga dan memaksimalkan fungsi irigasi perpipaan ini. 

"Sehingga bukan hanya produktivitas yang meningkat, tetapi juga pendapatan para petani," katanya.

3. Irigasi perpipaan untuk menjaga tingkat kesejahteraan petani

Irigasi Perpipaan Bantu Pertanian di Sorong Berkembang Pesat  pixabay

Direktur Irigasi Dirjen PSP Kementan, Rahmanto, menambahkan bahwa irigasi perpipaan untuk Kelompok Tani Insap I ini diselenggarakan juga untuk menjaga tingkat kesejahteraan petani. 

"Untuk jaringan pipa sepanjang 1.860 meter untuk hamparan 10 hektare mendukung tanaman pangan kelompok tani tersebut dan juga untuk daerah sekitarnya," pungkasnya. (WEB)

Baca Juga: Kementan Targetkan Bangun 2.358 Kampung Hortikultura pada 2022

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya