Pastikan Keamanan Pengguna Jalan, PT JSB Lakukan Pengaturan Lalu Lintas

Sebagai respons pekerjaan Erection Girder di KIT Batang

Jakarta, IDN Times - PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) selaku pengelola Jalan Tol Batang-Semarang mengantisipasi pengamanan dan pengaturan lalu lintas, tepatnya di Km 368+100 Jalan Tol Batang-Semarang pada kedua arahnya. 

Hal itu dilakukan JSB sebagai respons dalam rangka lanjutan pekerjaan Erection Girder yang dilaksanakan di Proyek Paket 1.2 Pembangunan Jalan KIT Batang oleh WIKA YASA KSO bersama dengan Direktorat Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-DIY.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kawasan Industri Batang, Nugraha, menjelaskan bahwa pekerjaan Erection Girder Proyek Paket 1.2 Pembangunan Jalan KIT Batang yang semula dilaksanakan pada Senin (25/10) diundur satu hari pelaksanaannya, sehingga pekerjaan baru akan dimulai pada hari Selasa (26/10). 

1. Pekerjaan dilakukan pada periode window time

Pastikan Keamanan Pengguna Jalan, PT JSB Lakukan Pengaturan Lalu LintasIlustrasi jalan tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Nugraha juga mengatakan bahwa pekerjaan dilakukan secara bertahap pada hari Selasa, 26 Oktober 2021, hingga Kamis, 4 November 2021, pada periode window time, yaitu pukul 23.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. Periode pekerjaan selama tujuh hari, yakni Senin-Kamis, dan tidak dilaksanakan pada periode akhir pekan (Jumat-Minggu). 

"Karena lokasi pekerjaan Erection Girder dengan bentang 50,8 meter ini berada melintang jalur jalan tol, kami berkoordinasi dengan PT JSB dan atas diskresi Kepolisian akan melakukan pengaturan lalu lintas dengan skema buka tutup lajur secara situasional. Dalam skema buka tutup lajur tersebut, maksimal durasi tutup adalah selama 35 menit yang dilakukan di Km 363+000 jalur arah Semarang dan Km 375+200 jalur arah Batang. Dalam satu hari akan dilakukan dua kali skema buka tutup lajur untuk dua periode erection girder yang berlangsung dalam window time tersebut," tambahnya. 

Baca Juga: Jasa Marga Berkomitmen untuk Terus Wujudkan Jalan Tol Berkelanjutan

2. Tidak ada penutupan di Jalan Tol Batang-Semarang

Pastikan Keamanan Pengguna Jalan, PT JSB Lakukan Pengaturan Lalu LintasSejumlah kendaraan melintasi di jalan Tol Batang Semarang. (ANTARA/Zabur Karuru)

Direktur Utama PT JSB Prajudi menjelaskan tidak ada penutupan di Jalan Tol Batang-Semarang atas pelaksanaan pekerjaan. Kedua arah beroperasi dengan normal. PT JSB bersama Direktorat Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-DIY dan WIKA YASA KSO sebagai kontraktor pekerjaan ini telah melakukan persiapan dan mitigasi risiko terhadap rencana pekerjaan serta terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan, khususnya yang akan melintasi lokasi pekerjaan tersebut. 

PT JSB juga telah menyiapkan mitigasi risiko apabila terjadi kepadatan lalu lintas, di antaranya pengalihan arus lalu lintas melalui Gerbang Tol (GT) terdekat, yaitu GT Kandeman (untuk pengguna dari arah Batang menuju Semarang) dan GT Weleri (untuk pengguna dari arah Semarang menuju Batang). 

3. Lakukan sosialisasi agar informasi diterima dengan baik oleh pengguna jalan

Pastikan Keamanan Pengguna Jalan, PT JSB Lakukan Pengaturan Lalu LintasDok. Jasa Marga

Untuk memastikan informasi tersebut diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Direktorat Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-DIY bersama dengan WIKA YASA KSO melakukan sosialisasi rencana pekerjaan melalui media sosial, media massa, memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan serta Variable Message Sign (VMS) di Jalan Tol Batang Semarang pada kedua arahnya. 

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pekerjaan tersebut. Kami imbau kepada pengguna jalan agar dapat mengatur waktu perjalanan, tetap berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di sekitar lokasi pekerjaan, mengecek kondisi lalu lintas perjalanan melalui aplikasi Travoy 3.0 atau peta perjalanan digital lainnya jika diperlukan,” pungkas Prajudi.

Informasi lalu lintas di seputar jalan tol juga dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080 atau Call Center PT JSB di nomor 082129129229. (WEB)

Baca Juga: Implementasikan Prinsip GRC, Jasa Marga Raih Dua Penghargaan

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya