Kemensos Cairkan Bansos PKH Rp6,53 Triliun bagi KPM di Indonesia 

Sebanyak 50.499 KPM di Jepara sudah cairkan bansos

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial (Kemensos) pada awal April 2021 mencairkan bantuan sosial tunai Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp6,53 triliun untuk 9.074.584 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Skema penyaluran bantuan sosial (bansos) PKH dilakukan sebanyak empat kali dalam setahun, mulai Januari, April, Juli, dan Oktober. Untuk pencairan bantuan oleh KPM bisa dilakukan setelah ada saldo masuk ke rekening KPM.

1. Bansos PKH tahap dua pada 2021 telah cair

Kemensos Cairkan Bansos PKH Rp6,53 Triliun bagi KPM di Indonesia Pencairan bansos PKH. (Dok. Kemensos)

Bansos PKH tahap dua pada 2021 telah cair dan sebanyak 50.499 KPM di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sudah merasakan sekali manfaatnya.

“Bantuan yang cair tahap ini di seluruh Jepara Rp34,25 miliar sebanyak 50.499 KPM yang tersebar di 16 kecamatan, 184 desa, serta 11 kelurahan,” ungkap Koordinator PKH Kabupaten Jepara, Purwanto, Kamis (29/4/2021).

Laporan progres, kata Purwanto, penyaluran bantuan di lapangan per 29 April 2021, 90 persen KPM sudah mencairkan bantuan dan sudah terlaporkan dalam sistem internal PKH Jepara, sisanya 10 persen mencairkan, tapi belum selesai pelaporannya.

Baca Juga: Kemensos Cairkan Bansos PKH Tahap II, Rp6,53 Triliun

2. Bantuan PKH yang cair diharapkan mampu meningkatkan daya beli

Kemensos Cairkan Bansos PKH Rp6,53 Triliun bagi KPM di Indonesia Ilustrasi pasar tradisional. (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Sementara itu, di Kabupaten Jepara untuk proses pencairan tahap 2 pada 2021 telah dilakukan serentak mulai pekan pertama April. Salah satu tujuan PKH untuk mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan.

Cairnya bantuan PKH diharapkan bisa meringankan pengeluaran sekaligus meningkatkan daya beli khususnya KPM PKH. Pencairan bertepatan dengan bulan Ramadan dengan tren kebutuhan dan tingkat konsumsi masyarakat lebih tinggi dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

3. Bantuan PKH sangat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari

Kemensos Cairkan Bansos PKH Rp6,53 Triliun bagi KPM di Indonesia Pencairan bansos PKH. (Dok. Kemensos)

Secara langsung, manfaat PKH dirasakan sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari oleh KPM, terlebih di masa pandemik dan Ramadan. Salah satunya KPM dari Kelurahan Karang Kebagusan, Kecamatan Kota, yaitu Jasmiyatun, merasa bantuan diterima sangat dirasakan manfaatnya.

Nggo sangu poso (buat bekal di bulan puasa) mbak,” ujar Samin suami Jasmiyatun pada Pendamping Sosial Ira Anggraeni saat pencairan, karena Jasmiyatun sudah sering sakit-sakitan.

Dengan cairnya bantuan PKH sangat membantu bagi anak KPM untuk menyelesaikan pendidikannya.

“Banyak iuran harus bayar sebelum ujian, pencairan PKH untuk melunasi biaya ujian karena kerja suami lagi sepi,” tutur KPM dari Kecamatan Pakis Aji Aslikah. (WEB)

Baca Juga: Cek Penerima Bansos Terbaru 2021 di cekbansos.kemensos.go.id.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya