Kementan Targetkan Bangun 2.358 Kampung Hortikultura pada 2022

Kementan juga targetkan 320 UMKM hortikultura

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura menargetkan pembangunan 2.358 kampung hortikultura yang tersebar secara merata di seluruh Indonesia. Program tersebut masuk dalam kegiatan utama Ditjen Hortikultura untuk Tahun Anggaran 2022 mendatang.

"Selain itu, kami menargetkan 320 UMKM Hortikultura yang terdiri dari cabai olahan, bawang olahan, buah olahan dan sayuran serta tanaman obat. Semuanya masing-masing 80 unit," ujar Dirjen Hortikultura, Prihasto Setyanto, dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi IV DPR RI di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (7/9/2021).

1. Akan berikan 1 paket bantuan lengkap dengan infrastruktur dan moda operasional

Kementan Targetkan Bangun 2.358 Kampung Hortikultura pada 2022Bantuan Alsintan yang diserahkan oleh Kementan kepada petani di Kabupaten Malang. Dok/Humas Kementan

Menurut Prihasto, dalam pembentukan Kampung Hortikultura ini, nantinya pemerintah juga akan memberikan 1 paket bantuan lengkap dengan infrastruktur dan moda operasional, seperti mobil angkut roda 3 untuk mempermudah pengambilan barang.

"Bantuan 1 paket itu adalah bantuan lengkap untuk menumbuhkan UMKM mikro pertanian. Bahkan, kami akan monitor perkembangannya secara intens melalui hortikultura war room dari pusat," katanya.

Baca Juga: Kementan Realiasikan Jalan Usaha Tani di Sumenep

2. Dukung semua program Kementan dalam membangun sektor pertanian

Kementan Targetkan Bangun 2.358 Kampung Hortikultura pada 2022Petani Cabai. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Terkait pembentukan Kampung Hortikultura, anggota Komisi IV DPR RI, Yohanis Fransiskus Lema, mendukung semua program Kementan dalam membangun sektor pertanian yang lebih baik. 

"Secara pribadi saya mendukung Kementan karena ada keseriusan dari kerja bapak-bapak sekalian," katanya. 

Yohanis juga mengharapkan Kementan tetap memperhatikan terobosan, pendampingan, dan fasilitasi pascapanen, khususnya terkait komoditas cabai.

3. Dukung perkembangan Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L)

Kementan Targetkan Bangun 2.358 Kampung Hortikultura pada 2022Pexels.com

Anggota Komisi IV DPR lainnya, yakni Bambang Purwanto, mendukung perkembangan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang mampu menumbuhkan ekonomi keluarga, khususnya para ibu rumah tangga dalam mendapatkan asupan sayur sehat.

"Saya dukung dan apresiasi program P2L Kementan karena mampu menumbuhkan ekonomi keluarga. Ini bagus sekali dan kalau bisa ditambah sehingga mengurangi beban ekonomi keluarga," pungkasnya. (WEB)

Baca Juga: Kementan Komitmen Terus Perbaiki Tata Kelola Pupuk Subsidi 

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya