Uu Ruzhanul Ulum: Masjid Bisa Jadi Modal Utama Pembangunan

Jabar jadi provinsi dengan jumlah masjid terbanyak

Jakarta, IDN Times – Plh Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengajak umat Islam menjadikan masjid sebagai basis pembangunan aspek lahir dan batin. Hal ini penting sejalan dengan slogan pembangunan 'Jabar Juara Lahir Batin' yang termanifestasi dalam kebijakan dan program Pemprov Jabar lima tahun terakhir.

Menurut Uu, di Jabar masjid bisa menjadi modal utama pembangunan. Mengingat secara kuantitas Jabar tercatat sebagai provinsi dengan jumlah masjid terbanyak di Indonesia, yakni mencapai 59.243 unit masjid.

“Segala sesuatu bisa berhasil, sukses, dan juara, jika ada sarana dan prasarananya. Masjid adalah salah satu sarana untuk peningkatan keimanan dan ketakwaan dalam mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin,” ujar Uu Ruzhanul Ulum, Selasa (23/5/2023).

1. Masjid adalah sebuah bangunan yang berdimensi dan bermakna

Uu Ruzhanul Ulum: Masjid Bisa Jadi Modal Utama PembangunanMasjid Al Jabbar Bandung (ANTARAFOTO / Masjid Al Jabbar Bandung)

Uu Ruzhanul menjelaskan, masjid adalah sebuah bangunan yang berdimensi dan bermakna. Dimensi pertama, masjid sebagai tempat ibadah maghdah maupun ghair maghdah.

Ibadah maghdah adalah ibadah yang langsung kepada Allah SWT, seperti salat dan puasa. Sementara ibadah ghair maghdah adalah ibadah yang dilakukan antarsesama umat manusia atau urusan sosial yang dilakukan niat karena Allah SWT.

"Ini merupakan modal untuk umat Islam, modal untuk meningkatkan ibadah, untuk tingkatkan amal, masjid merupakan sarana prasarana untuk meningkatkan ketakwaan ke Allah," kata Uu.

Baca Juga: 7 Masjid di Bandung yang Cocok untuk Wisata Religi, Menarik dan Unik!

2. Fungsi masjid yang bisa digunakan sebagai syiar Islam

Uu Ruzhanul Ulum: Masjid Bisa Jadi Modal Utama PembangunanMasjid Raya Al-Jabbar (unsplash.com/dimasrachmatsyah)

Adapun dimensi kedua, yakni fungsi masjid yang bisa digunakan sebagai syiar Islam. Hal ini penting dilakukan sebagai pertanda kebesaran Islam.

Selain itu, sejumlah program keumatan yang digagas Pemprov Jawa Barat, antara lain program Maghrib Mengaji, Salat Subuh Berjamaah, dan Kredit Mesra.

3. Masjid diharapkan bisa membantu program-program pemerintah

Uu Ruzhanul Ulum: Masjid Bisa Jadi Modal Utama PembangunanPotret Masjid Al Jabbar (dok. Humas Jabar)

Uu berharap, masjid juga bisa membantu program-program pemerintah khususnya dalam bidang keagamaan. 

“Pertama, Maghrib Mengaji, jadi di masjid ini harapan kami setelah maghrib ada kegiatan mengaji. Kedua, Suubuh Berjamaah. Subuh di sini harapan kami jamaahnya banyak. Ketiga, sebagai penyalur program Kredit Mesra,” pungkasnya. (WEB)

Baca Juga: RK: Masjid Raya Al Jabbar Dibangun Supaya Jabar Gak Nebeng ke Bandung

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya