Pemkab Kediri Beri Bantuan Sosial Pendidikan bagi Anak Terdampak COVID

Bansos pendidikan bagi anak SMP dan SMA

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 memberikan dampak yang luar biasa di segala sektor, termasuk pada sektor pendidikan. Karena itu, semua upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Kediri agar sektor pendidikan dapat terus berjalan dan mengurangi risiko putus sekolah.

Salah satunya melalui program Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) sebagai wujud kepedulian pemerintah untuk membantu meringankan beban pendidikan dengan menyerahkan bantuan sosial (bansos) pendidikan. 

“Ini merupakan program dari Mas Bupati Hanindhito Himawan Pramana untuk membantu anak-anak yang terdampak COVID-19," kata Ketua GNOTA Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito saat menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis di Ruang Pamenang Kantor Pemkab Kediri, Rabu (17/11/2021).

1. Dipergunakan dengan sebaik-baiknya

Pemkab Kediri Beri Bantuan Sosial Pendidikan bagi Anak Terdampak COVIDKetua GNOTA Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito saat kegiatan pemberian bantuan sosial pendidikan bagi anak yang terdampak COVID-19 di Ruang Pamenang Kantor Pemkab Kediri, Rabu (17/11/2021). (https://berita.kedirikab.go.id/)

Eriani Annisa Hanindhito yang biasa dipanggil akrab Mbak Chica juga berharap agar anak-anak yang mendapatkan bantuan sosial pendidikan tersebut bisa menggunakan dengan sebaik-baiknya.

"Semoga bermanfaat dan bisa meringankan serta membantu perekonomian keluarga. Semoga apa yang kalian cita-citakan dapat diraih. Giat belajar dan terus berusaha dengan keras, tetap semangat dan semoga anak-anakku kelak menjadi anak yang sukses serta berguna bagi nusa bangsa," pesannya.

Baca Juga: Pemkab dan Pemkot Kediri Gelar Turnamen Sepeda Nasional 

2. Bantuan senilai Rp1 juta bagi anak SMP dan Rp1,5 juta bagi SMA

Pemkab Kediri Beri Bantuan Sosial Pendidikan bagi Anak Terdampak COVIDKetua GNOTA Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito saat menyerahkan bantuan sosial pendidikan secara simbolis di Ruang Pamenang Kantor Pemkab Kediri, Rabu (17/11/2021). (https://berita.kedirikab.go.id/)

Mbak Chica juga menambahkan, bantuan sosial pendidikan bagi keluarga terdampak COVID-19 melalui program bantuan sosial ini diserahkan kepada anak jenjang SMP/sederajat senilai Rp1 juta dan SMA/sederajat senilai Rp1,5 juta. 

"Sebelum penyerahan bantuan sosial ini, pemerintah juga telah memberikan bantuan psikososial bagi anak-anak dengan mendatangkan psikolog agar beban psikologisnya bisa sedikit berkurang," paparnya.

3. Bantu kelangsungan pendidikan bagi anak yang orangtuanya meninggal karena dampak COVID-19

Pemkab Kediri Beri Bantuan Sosial Pendidikan bagi Anak Terdampak COVIDIlustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Sujud Winarko mengatakan bahwa terdapat anak-anak yang orangtuanya meninggal karena dampak COVID-19.

"Tentunya pemerintah hadir, melalui gagasan dari Mas Bup dan Mbak Chica, untuk meng-cover kelangsungan pendidikan mereka melalui GNOTA. Kemudian kita data, selanjutnya kita bisa memberikan bantuan kepada 381 anak. Dengan rincian jenjang SMP 196 dan SMA 185 anak," terang Sujud.

"Jangan sampai karena orangtuanya meninggal, anak-anak tersebut putus sekolah yang disebabkan oleh biaya. Alhamdulillah bulan ini bisa kita cairkan," pungkas Sujud. (WEB)

Baca Juga: Cegah Terorisme, Bupati Kediri Ajak Ketua RT Aktif Lapor 

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya