Hadiri Harlah Pancasila, Kepala BPIP Tegaskan Peranan Budaya dan Ulama

Gotong royong dalam kegiatan pembumian Pancasila

Jakarta, IDN Times – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. mengapresiasi pembumian Pancasila dalam bentuk kearifan lokal berupa gelaran kebudayaan dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 dengan mengusung tema “Gebyar Budaya dan Syiar Agama, Galuh Eunder” di Taman Lokasana, Kabupaten Ciamis, Minggu (4/6/2023).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dewan Kebudayaan Kabupaten Ciamis dan semua yang turut andil dalam menyukseskan kegiatan ini. Kami di BPIP akan selalu terbuka untuk bergotong royong dengan semua kalangan dalam kegiatan-kegiatan pembumian Pancasila,” tutur Kepala BPIP Prof. Yudian.

1. Peran berbagai kalangan dalam mempertahankan NKRI

Hadiri Harlah Pancasila, Kepala BPIP Tegaskan Peranan Budaya dan UlamaKepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. saat menghadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 di Taman Lokasana, Kabupaten Ciamis, Minggu (4/6/2023). (Dok. BPIP)

Saat menyampaikan pidato kebangsaannya, Prof. Yudian mengingatkan peran ulama, budayawan, dan para jawara yang dapat mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mempertahankan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa.

“Saya mengajak kita semua untuk tidak melupakan jasa-jasa beliau, juga jasa-jasa para pendiri bangsa, para pahlawan, para leluhur, orang tua, dan guru-guru kita semua, karena berkat jasa-jasa merekalah bangsa ini masih tegak berdiri hingga hari ini,” ajaknya.

Baca Juga: Libatkan BPIP, Ganjar Sebut Dunia Digital Bisa Dipakai untuk Membumikan Pancasila

2. Terus jaga kohesi sosial, Bhinneka Tunggal Ika

Hadiri Harlah Pancasila, Kepala BPIP Tegaskan Peranan Budaya dan UlamaIlustrasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) (www.bpip.go.id)

Prof. Yudian berpesan kepada para budayawan dan ulama Ciamis untuk tetap menjaga toleransi, persatuan, dan gotong royong sebagai kunci membangun bangsa yang kokoh.

“Mari kita syukuri nikmat kemerdekaan yang bangsa kita dapatkan, nikmat Pancasila yang kita miliki, juga nikmat suburnya Tanah Air yang kita tinggali,” ujarnya.

Lebih lanjut, Prof. Yudian juga mengajak masyarakat Ciamis agar terus menjaga kohesi sosial, yakni kemampuan segenap elemen masyarakat untuk terus menyatu, Bhinneka Tunggal Ika.

"Karena dengan bersatu, bangsa kita bisa fokus untuk mencapai tujuan bersama, yakni membangun peradaban bangsa yang adil, makmur, dan sejahtera. Gemah ripah loh jinawi, toto tentrem kerto raharjo. Atau dalam bahasa Arabnya, baldatun thayyibatun wa Rabbun Ghafuur", tuturnya.

3. Jangan sekali-kali melupakan sejarah perjuangan para pahlawan

Hadiri Harlah Pancasila, Kepala BPIP Tegaskan Peranan Budaya dan UlamaKepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. saat menghadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 di Taman Lokasana, Kabupaten Ciamis, Minggu (4/6/2023). (Dok. BPIP)

Prof. Yudian berpesan, sebagai warga negara Indonesia jangan sekali-kali melupakan sejarah perjuangan para pahlawan.

“Ziarahi makam-makam mereka, langitkan doa untuk para pahlawan, dan ucapkan terima kasih atas pengorbanan yang telah mereka lakukan. Dengan begitu, Tuhan akan menobatkan sebagai bangsa yang bersyukur dan senantiasa mengingat pengorbanan dan perjuangan para pendahulunya,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Kepala BPIP, Deputi Bidang Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi, K.A. Tajuddin, S.H., M.H. Direktur Penyusunan Rekomendasi Kebijakan dan Regulasi, Drs. R. Dian Muhammad Johan Johor Mulyadi, M.H. Hadir pula, Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Ciamis (Dr. H. Yat Rospia Brata, M.Si. dan Raja Galuh, Rd. H.R. Rasich Hanif Radinal. (WEB)

Baca Juga: Gelar Dialog Kebangsaan, BPIP Luncurkan Buku Pendidikan Pancasila

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya