Ini Cerita Petani Muda yang Difasilitasi Lewat Program YESS Kementan

YESS dirancang untuk kembangkan potensi generasi muda

Jakarta, IDN Times - Seorang petani muda di Dusun Tulusayu Desa Sidorahayu, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mendapatkan kesempatan menjalani monev atau validasi data yang diajukan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Wagir melalui Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS). 

YESS merupakan salah satu sinergi program antara Kementerian Pertanian (Kementan) dan International Fund for Agricultural Development (IFAD). YESS dirancang untuk mengembangkan potensi generasi muda dan regenerasi petani di perdesaan untuk menjadi wirausahawan muda dan tenaga kerja profesional di bidang pertanian. 

1. Perlunya regenerasi petani

Ini Cerita Petani Muda yang Difasilitasi Lewat Program YESS KementanIlustrasi petani muda. (Dok. Kementan)

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, mengatakan bahwa Indonesia memerlukan adanya regenerasi petani dan transfer teknologi dalam rangka pembangunan pertanian nasional, terutama mengubah manajemen usaha. 

"Transformasi mau tidak mau akan mengubah cara kita menjalani manajemen usaha pertanian, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Saya yakin di tangan generasi millennial pembangunan pertanian akan lebih mudah dicapai," tutur Mentan SYL melalui keterangan resmi yang diterima, Jumat (8/1/2021).

Baca Juga: Berkat Program YESS, Kelompok Akur Sukses Dorong Regenerasi Petani

2. Tingkatkan minat generasi muda menekuni sektor pertanian

Ini Cerita Petani Muda yang Difasilitasi Lewat Program YESS KementanIlustrasi petani muda. (Dok. Kementan)

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengungkapkan bahwa Program YESS akan meningkatkan minat generasi muda untuk menekuni sektor pertanian. 

"Setelah mereka tertarik kita akan tingkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka sehingga mampu menjadi petani millennial atau wirausaha pertanian yang sukses. Kita buktikan bahwa pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif, dan menguntungkan, serta dapat menurunkan angka pengangguran serta terjadinya urbanisasi," tegas Dedi. 

3. Bangun kemandirian usaha dengan memanfaatkan potensi yang ada

Ini Cerita Petani Muda yang Difasilitasi Lewat Program YESS KementanUsaha ternak itik milik Almizsan Abdillah. (Dok. Kementan)

Salah satu lokasi program YESS adalah Dusun Tulusayu Desa Sidorahayu, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Di desa ini, sektor peternakan dan pertanian menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat. Generasi millennial pun banyak yang terjun langsung dalam usaha tersebut. 

Salah satunya adalah Almizsan Abdillah, salah seorang pemuda desa dan juga Ketua Kelompok Tani Rahayu I. Almizsan Abdillah mendapatkan kesempatan untuk menjalani monev atau validasi data yang diajukan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Wagir sebagai peserta program YESS. 

Abdi, panggilan Almizsan Abdillah, menceritakan awal mula ia merintis usahanya kepada tim mobilizer atau penggerak dari PPIU Provinsi Jawa Timur, Aris Nurtumitah, serta Koordinator Penyuluh Kecamatan Wagir Bentot Winoto, dan Penyuluh wilayah Desa Sidorahayu Ferly P Tambunan. 

“Saya memulai usaha pada bulan Oktober 2020 dari beternak itik hingga usaha pascapanen pembuatan telur asin. Tak hanya itu, saya juga ingin memajukan sektor pertanian tanaman padi dan jagung. Bersama petani sekitar dan petani anggota kelompok tani Rahayu I, kami terus membangun kemandirian usaha dengan memanfaatkan potensi yang ada di dusun,” papar Abdi. 

Dengan bantuan pemerintah Desa Sidorahayu, kelompok tani berusaha untuk mendapatkan bantuan RMU/selep padi dengan ampas dedaknya dapat dimanfaatkan peternak itik yang ada untuk campuran sumber pakan. Sebagai seorang pemuda yang sudah memiliki usaha, diharapkan Abdi mampu menjadi fasilitator bagi generasi muda secara langsung hingga pada akhirnya regenerasi petani pun terwujud. (CSC)

Baca Juga: Jadi Mentor bagi Calon Wirausaha Muda, Ini Cerita Duta Petani Asal Malang

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya