Rehabilitasi Lahan Bekas Tambang, KLHK dan PKT Gelar Demplot di Kalbar

Kolaborasi pemulihan lahan bekas tambang

Jakarta, IDN Times - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerja sama dengan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) melakukan penanaman perdana demonstration plot (demplot) pohon Tengkawang dan durian Musang King. Penanaman tersebut dalam upaya peningkatan kualitas lahan bekas tambang di Arboretum Tengkawang, Desa Monterado, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, pada Selasa (16/11).

Hadir pada kesempatan tersebut SVP Teknologi PKT Heri Subagyo, Plt. Direktur Pemulihan Kerusakan Lahan Akses Terbuka (PKLAT) KLHK Edy Nugroho Santoso, Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Barat, Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Lingkungan Kabupaten Bengkayang, Camat dan Kepala Desa Monterado.

Heri Subagyo mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kesinambungan komitmen kerja sama PKT bersama KLHK sejak 2020, untuk kolaborasi pemulihan lahan bekas tambang guna meningkatkan kualitas lingkungan di kawasan sekitar. Demplot ini juga sebagai wujud dukungan PKT untuk pemulihan lingkungan dan ekosistem pasca tambang, baik dalam bentuk reklamasi maupun rehabilitasi dan restorasi lahan, agar dapat dimanfaatkan kembali sesuai fungsinya. 

1. Dukung penerapan teknologi pertanian dan pengolahan lahan

Rehabilitasi Lahan Bekas Tambang, KLHK dan PKT Gelar Demplot di KalbarProgram bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang direalisasikan Kementerian Pertanian (Kementan), Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP). (Dok. Kementan)

Selain itu, demplot tersebut juga merupakan langkah PKT dalam mendukung penerapan teknologi pertanian dan pengolahan lahan, serta metode pemupukan menggunakan produk PKT yang dipastikan ramah terhadap lingkungan. 

“Melalui demplot ini, kita bisa menjadikan lahan bekas tambang sebagai kawasan konservasi maupun ruang terbuka hijau sesuai konsep arboretum Tengkawang, sehingga memiliki manfaat dan nilai guna bagi lingkungan dan masyarakat,” ujar Heri.

Baca Juga: Ketika Lahan Bekas Tambang Pasir Disulap Jadi Desa Wisata

2. Komitmen PKT berkontribusi terhadap lingkungan

Rehabilitasi Lahan Bekas Tambang, KLHK dan PKT Gelar Demplot di KalbarKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerja sama dengan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) melakukan penanaman perdana demonstration plot (demplot) pohon Tengkawang dan durian Musang King. (Dok. PKT)

Menurutnya, perbaikan dan pemulihan kualitas lingkungan menjadi salah satu komitmen PKT dalam menekan deforestasi hutan, melalui upaya pelestarian alam secara berkesinambungan. Dalam waktu dekat, PKT juga telah melakukan demplot serupa di lahan bekas tambang batu bara di Makroman sehingga keberadaan hutan sebagai tatanan ekosistem dan mencegah timbulnya pemanasan global dapat tercapai melalui kesinambungan kerja sama dengan berbagai pihak. 

“Kontribusi terhadap lingkungan menjadi komitmen utama PKT, yang diimplementasikan pada berbagai upaya dalam mendukung pelestarian alam serta keanekaragaman hayati. Semoga perbaikan ekosistem dan kualitas lingkungan bisa semakin ditingkatkan melalui sinergi aktif antara Perusahaan dengan pemerintah,” tambah Heri.

3. Kerusakan lahan diakibatkan aktivitas tambang emas secara ilegal

Rehabilitasi Lahan Bekas Tambang, KLHK dan PKT Gelar Demplot di KalbarTambang emas ilegal di Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong. IDN Times/Kristina Natalia

Plt. Direktur PKLAT KLHK Edy Nugroho Santoso mengatakan bahwa kerusakan lahan di Monterado diakibatkan aktivitas tambang emas secara ilegal, dengan luasan mencapai 8,77 hektare. Berdasarkan hasil pengujian pihaknya, lahan bekas tambang ini memiliki kesuburan sangat rendah dengan tingkat keasaman tinggi, sehingga mengakibatkan tanaman tidak bisa tumbuh dengan baik dan kawasan menjadi gersang. 

Jika dilakukan pembiaran dalam jangka panjang, dipastikan menimbulkan dampak yang lebih besar bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. 

“Untuk itu, kami harap ada suatu formula yang bisa terapkan PKT untuk mengembalikan kesuburan lahan di Monterado ini,” kata Edy. 

4. Terus mendorong perbaikan kualitas lingkungan dengan menekan laju deforestasi hutan

Rehabilitasi Lahan Bekas Tambang, KLHK dan PKT Gelar Demplot di KalbarIlustrasi lahan (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Edy pun optimistis keterlibatan PKT pada demplot ini menjadi solusi terhadap kondisi lahan Monterado, melalui penerapan teknologi pertanian untuk pengolahan lahan hingga pemupukan, agar kawasan ini bisa dimanfaatkan kembali sesuai peruntukannya. 

Dirinya berharap kontribusi PKT dapat terus mendorong perbaikan kualitas lingkungan, termasuk menekan laju deforestasi hutan yang diakibatkan berbagai aktivitas penambangan. 

“Semoga lahan di Monterado ini kembali hijau, sehingga tanaman bisa tumbuh dengan baik dan bermanfaat bagi lingkungan serta masyarakat sekitar,” pungkas Edy. (WEB)

Baca Juga: 5 Fakta Dampak Buruk Deforestasi, Bikin Ekosistem Terganggu!

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya