Komitmen Terapkan RCI dan ESG, PKT Raih Platinum IRCA 2022 

Langkah PKT jaga pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan

Jakarta, IDN Times - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) meraih penghargaan Indonesia Responsible Care Award (IRCA) 2022 dengan predikat Platinum, atas komitmen penerapan Seven Responsible Care Codes of Management Practices dalam aktivitas bisnis perusahaan secara konsisten dan berkesinambungan. 

Penghargaan diserahkan Advisory Board of RCI, Frank Moniaga, kepada SVP Teknologi PKT Heri Subagyo dan disaksikan Dirjen Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Kementerian Perindustrian Fridy Juwono, Kamis (23/6). 

Heri mengatakan, implementasi Seven Responsible Care Codes of Management Practices merupakan salah satu langkah PKT dalam menjaga pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan, utamanya dengan mengedepankan aspek keselamatan, kesehatan, lingkungan hidup, dan sistem keamanan produk. 

Hal ini diselaraskan dengan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) yang difokuskan PKT pada berbagai program, sehingga manfaat tak hanya berdampak bagi pertumbuhan perusahaan, tapi juga lingkungan hingga masyarakat dan stakeholders.

"Penghargaan ini merupakan cerminan komitmen PKT dalam implementasi dan penerapan Seven Responsible Care Codes of Management Practices, dengan terus meningkatkan kinerja keselamatan, kesehatan dan lingkungan dalam aktivitas bisnis perusahaan," terangnya. 

1. Upaya PKT untuk meningkatkan kepercayaan konsumen di pasar nasional maupun global

Komitmen Terapkan RCI dan ESG, PKT Raih Platinum IRCA 2022 PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) dengan sejumlah kiat yang dilaksanakan untuk menjaga dan meningkatkan kontribusi dalam mengurangi penipisan ozon. (Dok. Pupuk Kaltim)

Heri juga menjelaskan, seluruh aspek Seven Responsible Care Codes of Management Practices dijabarkan pada program dan inovasi yang memiliki nilai keberlanjutan. Pada aspek Employee Health and Safety, PKT telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) sebagai hal mutlak yang wajib dipenuhi di lingkungan perusahaan, mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 dan ISO 45001. 

Hal tersebut juga upaya PKT untuk meningkatkan kepercayaan konsumen di pasar nasional maupun global, dengan pencapaian 48 juta jam kerja aman hingga saat ini.

Sementara untuk Process Safety dan Pollution Prevention, PKT menerapkan Process Safety Management serta Sistem Manajemen Lingkungan berbasis ISO 14001, termasuk pengawasan distribusi produk melalui sistem DPCS dan Route Risk Assessment. 

Kemudian untuk Product Stewardship, PKT melakukan pengawasan dan evaluasi rekanan melalui Contractor Safety Management System (CSMS) dan penilaian vendor performance rating, didukung sosialisasi keamanan serta penanganan produk ke pelanggan dan distributor secara kontinu. 

Baca Juga: Kinerja Program JBP Optimal, PKT Beri Apresiasi kepada 13 Kios 

2. PKT rutin menggelar sosialisasi serta pelatihan pada peringatan Bulan K3 Nasional

Komitmen Terapkan RCI dan ESG, PKT Raih Platinum IRCA 2022 PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) berkomitmen mengoptimalkan implementasi aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di lingkungan Perusahaan. (Dok. Istimewa)

Selama pandemik, PKT juga meluncurkan program Proaktif Penanganan Covid-19 yang berfokus pada bantuan pengendalian dan penanganan pandemik di berbagai wilayah Indonesia, mulai dari dukungan peralatan kesehatan, vaksinasi massal hingga pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk pengadaan berbagai bantuan seperti masker, baju hazmat hingga pemberian makanan tambahan bagi warga yang menjalani isolasi mandiri. 

"Termasuk dalam mendorong budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di lingkungan perusahaan dan masyarakat, PKT rutin menggelar sosialisasi serta pelatihan pada peringatan Bulan K3 Nasional setiap tahun," lanjut Heri. 

3. PKT memastikan kelangsungan bisnis terus berjalan beriringan sesuai konsep keberlanjutan

Komitmen Terapkan RCI dan ESG, PKT Raih Platinum IRCA 2022 PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) meraih penghargaan Indonesia Responsible Care Award (IRCA) 2022 dengan predikat Platinum. (Dok. PKT)

Selanjutnya pada aspek Community Awareness dan Emergency Response yang direalisasikan pada program unggulan TJSL, seperti Inkubator Bisnis Pertama Bunda guna mewadahi kemandirian anak berkebutuhan khusus (ABK), Better Living in Malahing untuk pembinaan kawasan pesisir Bontang, serta Keramba Jaring Apung (KJA) bagi nelayan pesisir dalam mendorong kemandirian usaha melalui budi daya kerapu dan lobster.

"Sedangkan pada aspek Security, PKT menerapkan Sistem Manajemen Pengamanan (SMP) Obvitnas yang telah memenuhi standar keamanan sesuai Perkapolri Nomor 7 Tahun 2019, serta Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) berbasis ISO 27001," tambah Heri. 

Dirinya menekankan Seven Responsible Care Codes of Management Practices telah menjadi komitmen PKT di fase kedua pertumbuhan perusahaan, guna memperkuat posisi dominan di sektor hilir petrokimia berbasis gas alam. Termasuk ekosistem bisnis yang berfokus pada ESG, akan terus dibangun PKT yang sejalan dengan konsep keberlanjutan. 

"PKT memastikan kelangsungan bisnis akan terus berjalan beriringan sesuai konsep keberlanjutan, agar ke depan semakin memberi manfaat tak hanya bagi perusahaan, tapi juga lingkungan hingga masyarakat dan stakeholders," pungkas Heri. (WEB)

Baca Juga: Perkuat Komitmen GCG, PKT Raih Skor 95,44 dengan Predikat Sangat Baik

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya