Perkuat Komitmen GCG, PKT Raih Skor 95,44 dengan Predikat Sangat Baik

Asesmen GCG secara rutin dilaksanakan PKT

Jakarta, IDN Times - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali meraih predikat sangat baik dalam penerapan Good Corporate Governance (GCG) perusahaan dengan skor 95,448. Hasil ini berdasarkan asesmen implementasi GCG PKT tahun 2021 dengan asesor dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kaltim. 

Direktur Keuangan dan Umum PKT Qomaruzzaman mengatakan bahwa asesmen GCG secara rutin dilaksanakan PKT dalam meningkatkan akuntabilitas perusahaan yang berlandaskan peraturan dan nilai etika.

Asesmen GCG juga langkah PKT dalam meningkatkan implementasi Corporate Governance melalui perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) sehingga mampu memberi nilai tambah bagi pemangku kepentingan maupun stakeholders terkait. 

"Implementasi GCG menjadi perhatian utama PKT dalam mendukung keberlanjutan perusahaan yang diwujudkan melalui sejumlah strategi dalam membangun keunggulan tata kelola perusahaan secara optimal," ujar Qomaruzzaman, Kamis (31/3). 

1. Komitmen PKT dalam menerapkan GCG secara berkelanjutan

Perkuat Komitmen GCG, PKT Raih Skor 95,44 dengan Predikat Sangat BaikPT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) dengan sejumlah kiat yang dilaksanakan untuk menjaga dan meningkatkan kontribusi dalam mengurangi penipisan ozon. (Dok. Pupuk Kaltim)

Komitmen PKT dalam implementasi GCG pun dilihat dari kenaikan skor capaian dari tahun sebelumnya sebesar 95.07 yang diukur menggunakan indikator dan parameter pada enam ruang lingkup penilaian. Aspek penilaian mencakup komitmen penerapan tata kelola perusahaan secara berkelanjutan, hingga pengungkapan informasi dan transparansi perusahaan serta aspek lainnya. 

Asesmen dilaksanakan pada Januari-Maret 2022, berupa pengumpulan data dan informasi, review dokumen, penyebaran kuesioner hingga wawancara dan observasi. Selanjutnya dilakukan metode scoring untuk mengukur tingkat pencapaian aktual dari penerapan GCG perusahaan. 

"Kenaikan hasil asesmen tahun ini pun mencerminkan komitmen PKT dalam menerapkan GCG secara berkelanjutan dengan mengedepankan implementasi strategis dalam mengelola perubahan model bisnis," ujar Qomaruzzaman. 

Baca Juga: Komitmen TJSL, PKT Raih Dua Penghargaan TOP CSR Awards 2022

2. PKT senantiasa berupaya melaksanakan inovasi pada model bisnis

Perkuat Komitmen GCG, PKT Raih Skor 95,44 dengan Predikat Sangat BaikTim Inovasi PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) meraih prestasi terbaik pada ajang Asia Pacific Quality Organization (AQPO) International Conference ke-26 di Perth, Australia, pada 13-15 September 2021. (Dok. Pupuk Kaltim)

Qomaruzzaman juga menyebut PKT senantiasa berupaya melaksanakan inovasi pada model bisnis, proses bisnis dan sosial lingkungan yang sejalan dengan prinsip GCG. Peningkatan tata kelola perusahaan juga ditinjau dari berbagai aspek, seperti teknologi, produk, pasar, sistem manajemen, aspek kepatuhan melalui laporan keuangan, SDM serta faktor input lain dalam memperkuat strategi bisnis Perusahaan.

"Optimalisasi tata kelola perusahaan yang sejalan dengan prinsip GCG menjadi bagian tak terpisahkan dari pengembangan model bisnis PKT, yang dijalankan perusahaan secara konsisten dan berkesinambungan,” tambahnya. 

3. Asesmen GCG merupakan keharusan bagi seluruh perusahaan Pupuk Indonesia Grup

Perkuat Komitmen GCG, PKT Raih Skor 95,44 dengan Predikat Sangat BaikGedung Pupuk Indonesia. (Dok. Pupuk Indonesia)

Direktur SDM, Tata Kelola, dan Manajemen Risiko PT Pupuk Indonesia (Persero), Tina T Kemala Intan, mengapresiasi capaian GCG PKT yang secara konsisten menunjukkan kenaikan setiap tahun. Menurut Tina, asesmen GCG merupakan keharusan bagi seluruh perusahaan Pupuk Indonesia Grup guna mengukur implementasi GCG secara konsisten sebagai prinsip dasar dan landasan operasional perusahaan. 

"Kami sangat mengapresiasi capaian asesmen GCG PKT yang konsisten mengalami kenaikan setiap tahun. Meski ada area of improvement, hal ini diharap bisa terus diperbaiki dan ditingkatkan ke depannya," kata Tina. 

Melihat keberhasilan PKT, Tina pun mengimbau seluruh anak usaha Pupuk Indonesia Grup dapat belajar ke PKT untuk peningkatan capaian implementasi GCG perusahaan sehingga perbaikan berkelanjutan dapat diterapkan sesuai dengan prinsip GCG dalam tata kelola perusahaan di lingkungan Pupuk Indonesia. 

"Dengan perbaikan berkelanjutan, diharap Pupuk Indonesia Grup dapat menjadi contoh bagi BUMN lain dalam implementasi GCG secara konsisten," pungkasnya. (WEB)

Baca Juga: Tingkatkan Healthy Lifestyle Awareness, PKT Resmikan Viral 2022 

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya