Pemkab Kediri dan IDI Buat Program Pendampingan Isoman Telemedicine 

Buat Program Pendampingan Isoman Telemedicine

Kediri, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri memiliki program pelayanan konsultasi medis gratis telemedicine untuk mempermudah masyarakat yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah akibat COVID-19. 

Cara mengakses layanan ini cukup mudah. Pasien isoman dapat menghubungi dokter di sekitar tempat tinggalnya melalui nomor telepon yang telah disebarluaskan.

"Program pendampingan isoman telemedicine Pemkab Kediri ini merupakan kerja bareng Dinas Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) setempat," terang dokter Budi Sanjaya, pengampu program telemedicine, Kamis (26/8/2021)

1. Layanan konsultasi bersifat gratis

Pemkab Kediri dan IDI Buat Program Pendampingan Isoman Telemedicine dokter Budi Sanjaya, pengampu program telemedicine. (Dok. Pemkab Kediri)

Melalui kerja sama tersebut, IDI mengerahkan sebanyak 87 tenaga dokter yang disebar di seluruh wilayah kecamatan. Sementara itu, pihak IAI menyiagakan 27 apotek yang siap melayani obat-obatan yang dibutuhkan.

"Layanan konsultasi tersebut bersifat gratis, sedangkan pembelian obat ditanggung oleh masing-masing pasien," tambah dokter Budi.

Baca Juga: Jadi Prioritas Bupati Tangani COVID-19, Kediri Luncurkan Program ini 

2. Berkonsultasi kesehatan secara virtual

Pemkab Kediri dan IDI Buat Program Pendampingan Isoman Telemedicine Ilustrasi konsultasi dokter (IDN Times/Mardya Shakti)

Layanan tersebut diberikan untuk mempermudah masyarakat yang tengah isolasi mandiri untuk berkonsultasi kesehatan secara virtual tanpa datang ke rumah sakit.

"Dengan layanan ini diharapkan dapat mengurangi beban keterisian tempat tidur di rumah sakit supaya bisa digunakan pasien bergejala sedang, berat, dan kritis," ungkap dokter Budi.

3. Masyarakat bisa memperoleh layanan yang sama

Pemkab Kediri dan IDI Buat Program Pendampingan Isoman Telemedicine ilustrasi konsultasi kesehatan mental (freepik/tirachard)

Program pelayanan telemedicine ini dapat diakses seluruh masyarakat Kabupaten Kediri yang berkaitan dengan COVID-19. Tidak hanya pasien isoman di rumah, warga bergejala maupun mereka yang baru saja pulang dari rumah sakit dapat memperoleh layanan yang sama dalam waktu satu kali 24 jam. (WEB)

Baca Juga: 5 Makanan Khas Kediri yang Nikmatnya Ambayar di Lidah!

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya