Begini Tekad Kuat PT KPI Implementasi ESG Net Zero Carbon Emission  

Teken perjanjian karbon kredit & kolaborasi dengan investor

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina Grup telah menetapkan inisiatif untuk mereduksi emisi demi masa depan keberlanjutan lingkungan yang lebih baik melalui Roadmap Net Zero Emission hingga 2060.

PT Kilang Pertamina Internasional sebagai Subholding Refining & Petrochemical PT Pertamina (Persero) yang bergerak dalam pengelolaan kilang minyak dan petrokimia memiliki beberapa inisiatif yang diadopsi dan dikembangkan Kilang Pertamina untuk mereduksi emisi. 

Hingga 2060, PT Kilang Pertamina Internasional sebagai Subholding Refining & Petrochemical  PT Pertamina (Persero) ditargetkan untuk dapat mereduksi emisi secara bertahap hingga mencapai Net Zero Carbon.

Sebagai bahan pembelajaran, akan diadakan pilot project perdagangan karbon di internal Pertamina Group yang dilaksanakan pada SOE (State Owned Enterprise) Conference G20 di Bali. 

1. Perdagangan karbon merupakan implementasi dari penerapan ESG PT KPI

Begini Tekad Kuat PT KPI Implementasi ESG Net Zero Carbon Emission  Ilustrasi karbon udara. (Pixabay.com/marcinjozwiak)

Salah satunya adalah Head of Agreement (HoA) yang ditandatangani antara PT Kilang Pertamina Internasional dan Pertamina Power Indonesia mengenai perjanjian karbon kredit ini akan menjadi landasan PT KPI dan PT PPI untuk menindaklanjuti dalam bentuk perjanjian teknis mengenai perdagangan karbon. 

Penandatanganan HoA ini dilakukan Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional, Taufik Aditiyawarman, dan Direktur Utama PT Pertamina Power Indonesia, Danif Danusaputro, yang disaksikan langsung oleh Wakil Menteri BUMN I, Pahala Mansury, dan Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha (SPPU) PT Pertamina (Persero), Atep Salyadi Dariah Saputra.

“Perdagangan karbon ini merupakan implementasi dari penerapan ESG PT KPI untuk mendukung Sustainable Development Goals nomor 13 mengenai Penanganan Perubahan Iklim untuk mengambil tindakan cepat untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya,” jelas Direktur Utama PT KPI, Taufik Aditiyawarman.

Baca Juga: Pertamina Hulu Energi Sepakati Perjanjian Karbon Kredit

2. PT KPI juga menerapkan prinsip-prinsip operation excellent mencakup efisiensi energi

Begini Tekad Kuat PT KPI Implementasi ESG Net Zero Carbon Emission  Kilang minyak Pertamina. (Dok. Pertamina)

PT KPI sebagai Subholding Refining & Petrochemical PT Pertamina (Persero) yang mengelola Kilang Minyak dan Petrokimia milik Pertamina secara professional, secara jangka panjang telah ditargetkan untuk mampu mereduksi emisi karbon secara bertahap hingga mencapai Net Zero Carbon di 2060 sebagai salah satu inisiatif implementasi ESG (environmentally friendly, socially responsible, dan good governance) Perusahaan melalui proyek transisi energi kilang dari basis fosil menuju energi hijau ramah lingkungan untuk mendukung keberlangsungan lingkungan di masa mendatang. 

PT KPI juga menerapkan prinsip-prinsip operation excellent mencakup efisiensi energi dan efisiensi proses produksi lainnya guna mendukung dekarbonisasi.

3. PT KPI juga ajak investor ambil bagian dalam bisnis hijau

Begini Tekad Kuat PT KPI Implementasi ESG Net Zero Carbon Emission  IDN Times/Dhana Kencana

Selain terlibat aktif dalam mengimplementasikan reduksi emisi melalui perdagangan karbon, pada gelaran PT Kilang Pertamina Internasional menawarkan kepada para calon investor yang hadir di pegelaran SOE (State Owned Enterprise) Conference G20 di Bali untuk dapat memberikan dukungan terhadap proyek-proyek PT Kilang Pertamina Internasional yang berfokus pada transisi energi kepada energi yang lebih ramah lingkungan, yaitu Green Refinery, Green/Blue Methanol, dan 2G Bioethanol.

“Penawaran pendanaan Proyek Transisi Energi yang dikerjakan oleh PT Kilang Pertamina Internasional merupakan cara Perusahaan untuk mengajak kolaborasi membangun strategic partnership para pelaku investasi untuk ambil bagian dalam bisnis hijau berkelanjutan demi keberlanjutan lingkungan di masa mendatang,” terang Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional, Taufik Aditiyawarman. (WEB)

Baca Juga: Pertamina Jalin Kerja Sama Antar BUMN dan Perusahaan Internasional

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya