Pemkab Banyuwangi Salurkan Rp1,65 Miliar untuk Insentif Guru PAUD/TK 

Apresiasi atas pengabdian yang tulus dari para guru

Banyuwangi, IDN Times – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi menyalurkan insentif bagi guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) senilai Rp1,65 miliar bagi 1.105 orang. Penyerahan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Abdullah Azwar Anas di Pendopo Sabha Swagata, Jumat (4/12/2020). 

Bupati Anas mengatakan, Pemkab Banyuwangi menyalurkan insentif bagi guru PAUD/TK sebagai ungkapan terima kasih dan apresiasi atas pengabdian yang tulus dari para guru dalam mendidik generasi penerus daerah. 

“Pendidikan PAUD adalah pendidikan pertama yang didapat oleh anak-anak kita. Di sinilah nilai-nilai moral dan karakter diri yang positif mulai ditanamkan. Terima kasih kepada guru PAUD/TK yang telah bekerja luar biasa mendidik anak-anak tanpa lelah untuk memberikan bekal yang terbaik bagi mereka,” ujarnya. 

1. Dedikasi guru PAUD/TK selama ini sangat luar biasa

Pemkab Banyuwangi Salurkan Rp1,65 Miliar untuk Insentif Guru PAUD/TK Dok. Banyuwangi

Bupati Anas melanjutkan, dedikasi guru PAUD/TK selama ini sangatlah luar biasa. Tidak sedikit guru PAUD/TK yang telah mengajar selama bertahun-tahun, tetapi menerima penghasilan yang sangat terbatas. Bahkan ada guru PAUD yang telah mengabdi selama 25 tahun hanya mendapatkan gaji tak lebih dari Rp500 ribu per bulannya. 

“Apa yang diberikan oleh Pemkab ini, tentunya tidak sebanding dengan dedikasi yang telah diberikan oleh para guru PAUD/TK selama ini. Semoga dedikasi bapak/ibu guru diganjar nilai ibadah dan menjadi berkah sehingga didikan yang diberikan menghasilkan anak-anak sukses di masa depan,” katanya. 

Anas juga mengajak para guru tetap semangat dalam mendidik, terlebih di masa pandemik seperti saat ini. 

“Kita berdoa bersama agar wabah segera berakhir dan pendidikan anak-anak bisa berjalan seperti sedia kala,” harapnya.

Baca Juga: Jelang Masa Jabatan Usai, Bupati Anas Pamitan ke Guru PAUD dan TK 

2. Insentif yang diberikan sebesar Rp1.500.000 per orang untuk 3 bulan

Pemkab Banyuwangi Salurkan Rp1,65 Miliar untuk Insentif Guru PAUD/TK Pemkab Banyuwangi menyalurkan insentif bagi guru PAUD dan TK senilai Rp1,65 miliar bagi 1.105 orang. (Dok. Banyuwangi)

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Suratno mengatakan insentif guru PAUD/TK senilai Rp1,65 miliar diberikan kepada 1.105 orang guru se-Kabupaten Banyuwangi. 

“Insentif yang diberikan adalah Rp500 ribu per bulan. Saat ini diserahkan langsung untuk tiga bulan, yakni untuk bulan Oktober, November, dan Desember, sehingga tiap orang menerima total Rp1.500.000,” jelasnya. 

Suratno melanjutkan, untuk penyerahan insentif kali ini, guru PAUD/TK yang menerima baru sebanyak 1.105 orang. Hal ini karena ada regulasi yang mengaturnya, yakni UU No 14/2005 tentang Guru dan Dosen. Di situ terdapat kriteria guru penerima insentif, yakni non-PNS dan harus S-1. Lalu belum menerima sertifikasi pendidikan tunjangan profesi didik (TPP) dan aktif mengajar yang ditandai masuk dalam daftar pokok pendidikan (Dapodik). 

“Memang masih ada guru PAUD yang belum mendapatkan karena terbentur persyaratan yang ada. Ke depan, masih ada kesempatan untuk terdata sebagai guru penerima insentif. Insya Allah insentif ini akan terus berkelanjutan yang dicairkan per tiga bulan,” tandasnya. 

3. Ikhlas menjalankan tugas meskipun gaji kecil

Pemkab Banyuwangi Salurkan Rp1,65 Miliar untuk Insentif Guru PAUD/TK Dok. Banyuwangi

Program pemberian insentif guru PAUD/TK pun disambut baik oleh para penerima. Salah satunya Indah Putri Sari, guru PAUD/TK Pertiwi 24 Purwoharjo, yang berstatus honorer dan telah mengabdi selama 6 tahun. 

Menurutnya, insentif dari pemda tersebut sangat bermanfaat untuk membantu kebutuhan hidup keluarganya, serta rekan-rekannya sesama guru honorer di PAUD. Maklum saja, tenaga honorer yang mengajar di PAUD/TK rata-rata digaji berkisar Rp200-300 ribu per bulan. 

“Selama ini kami ikhlas menjalankan tugas meskipun gaji kami kecil. Alhamdulillah, pengabdian kami dibalas oleh Allah dari pintu rezeki yang lain berupa insentif ini. Syukur, alhamdulillah,” ucap Putri dengan haru. (CSC)

Baca Juga: Mas Menteri Nadiem Kaget Gaji Guru Honorer Cuma Rp100-300 Ribu

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya