Comscore Tracker

Menpora Amali: Selamat Jalan Pahlawan Bulu Tangkis Indonesia

Banyak berikan prestasi untuk harumkan nama Indonesia

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali merasa bersedih adanya kabar duka yang menyelimuti dunia bulu tangkis Indonesia. Hal itu karena legenda bulu tangkis Tanah Air, Markis Kido, tutup usia pada Senin (14/6/2021). 

Menurut Menpora, Kido adalah pahlawan bulu tangkis yang banyak memberikan jejak prestasi untuk mengharumkan nama Indonesia. 

"Sebagai Menpora tentu saya merasa bersedih atas meninggalnya Markis Kido. Ia adalah mantan atlet bulu tangkis yang telah mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia. Almarhum pernah berada di puncak prestasinya, yaitu meraih medali emas untuk ganda putra di Olimpiade Beijing tahun 2008 berpasangan dengan Hendra Setiawan," ujar Menpora Amali melalui keterangan resminnya, Selasa (15/6/2021).

1. Mengembuskan napas terakhir seusai ambruk saat bermain badminton

Menpora Amali: Selamat Jalan Pahlawan Bulu Tangkis Indonesiailustrasi badminton (Unsplash/Salman Hossain Saif)

Markis Kido meninggal dunia di usia 36 tahun. Kabarnya, mantan pebulu tangkis yang lahir pada 11 Agustus 1984 itu mengalami serangan jantung. Mantan pebulu tangkis ganda putra nomor satu dunia itu mengembuskan napas terakhir seusai ambruk saat bermain badminton di GOR Petrolin, Alam Sutera, Tangerang.

Saat baru bermain setengah gim, Markis Kido tiba-tiba terjatuh dan tidak sadarkan diri. Rekan-rekannya di lapangan segera memberi pertolongan dan membawa Markis Kido ke rumah sakit. Namun, nyawa sang legenda bulu tangkis itu tidak terselamatkan.

Baca Juga: 10 Kenangan Manis Markis Kido, Kakak dan Mentor Terbaik

2. Salah satu pemain dengan keahlian ganda terbaik Indonesia

Menpora Amali: Selamat Jalan Pahlawan Bulu Tangkis IndonesiaMarkis Kido dan Hendra Setiawan dalam Axiata Cup 2014 (badmintonindonesia.org)

Sejatinya, Markis Kido adalah salah satu pemain dengan keahlian ganda terbaik Indonesia. Hendra Setiawan merupakan rekan duet pertamanya saat masih berada di Jaya Raya.

Perkembangan Markis Kido bersama Hendra terbilang luar biasa. Dia mampu naik kelas karena meraih berbagai gelar juara prestisius.

Kilau medali emas SEA Games, Asian Games, Kejuaraan Dunia, BWF World Championship, hingga Olimpiade, sudah dirasakan oleh Markis Kido. Itu semua diraih Markis Kido bersama Hendra.

3. Berhasil membawa harum Indonesia di kancah dunia

Menpora Amali: Selamat Jalan Pahlawan Bulu Tangkis IndonesiaPeraih medali emas ganda putra Olimpiade Beijing 2008, Markis Kido/Hendra Setiawan asal Indonesia (YouTube.com/Olympic)

Selama berkarier di dunia bulu tangkis, sosok Markis Kido diketahui sudah berhasil membawa harum Indonesia di kancah dunia lewat beragam prestasi manisnya. Dia bahkan berhasil menyabet medali emas di Olimpiade 2008 yang berlangsung di Beijing, Tiongkok. Medali ini didapat di nomor ganda putra lewat duetnya dengan Hendra Setiawan.

"Masyarakat olahraga khususnya cabor bulu tangkis pasti sangat kehilangan karena dia bisa menjadi contoh dan motivasi bagi para atlet junior maupun senior yang masih aktif bermain. Selamat jalan pahlawan bulu tangkis Indonesia," kata Menpora. (WEB)

Baca Juga: Terima Kasih dari Warganet Buat Mendiang Markis Kido

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya