Erupsi Semeru, Sharp Beri Sarana Kesehatan dan Kebersihan bagi Warga

Sharp Indonesia menyelenggarakan bantuan dalam 2 tahap

Jakarta, IDN Times - Awal Desember 2021 lalu, Indonesia kembali berduka. Dilansir dari laman situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 13 Desember 2021, erupsi Gunung Semeru mengakibatkan 2.970 rumah rusak, 46 warga meninggal dunia, dan 30 warga luka-luka. Sebanyak 9.118 warga mengungsi di ratusan titik posko pengungsian yang tersebar di area Kabupaten Lumajang, Malang dan Probolinggo.

Berkolaborasi dengan Human Initiative, Sharp Indonesia menyalurkan bantuan bagi pengungsi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Acara serah terima ini dilakukan pada Rabu (15/12/2021).

Bantuan bagi para warga di Kabupaten Lumajang dikonsentrasikan pada 4 titik lokasi tenda pengungsian 2 di Desa Pasirian dan masing-masing 1 titik di Desa Penanggal dan Desa Supiturang. Sharp Indonesia akan menyelenggarakan bantuan dalam 2 tahap yang disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

1. Sharp Indonesia melakukan instalasi kebutuhan air bersih dan menempatkan 11 unit mesin cuci

Erupsi Semeru, Sharp Beri Sarana Kesehatan dan Kebersihan bagi WargaBerkolaborasi dengan Human Initiative, Sharp Indonesia menyalurkan bantuan bagi pengungsi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (15/12/2021). (Dok. Sharp Indonesia)

Pada tahap pertama, Sharp Indonesia melakukan instalasi kebutuhan air bersih dan menempatkan 11 unit mesin cuci untuk membantu warga pengungsi menjaga kebersihan pakaian mereka. 

“Seperti yang kita ketahui, di setiap titik lokasi pengungsian kebutuhan akan pangan sudah sangat terpenuhi. Untuk itu, Sharp Indonesia berusaha untuk memberikan bantuan dalam bentuk lain sebagai pelengkap kebutuhan yang sudah tersedia,” jelas Andry Adi Utomo selaku National Sales General Manager PT Sharp Electronics Indonesia. 

Setiap warga pengungsi dapat memanfaatkan mesin cuci yang disediakan secara bergantian. Poniasih salah satu warga pengungsi mengungkapkan rasa senangnya dengan adanya posko cuci gratis dari Sharp ini. 

“Dengan adanya mesin cuci di sini sangat membantu kami warga pengungsi untuk mencuci baju. Kami berterima kasih sekali kepada Sharp yang sangat tanggap dengan kebutuhan kami,” ungkapnya. 

Baca Juga: Cerita Pilu Relawan Erupsi Gunung Semeru Temukan Jenazah Tak Utuh

2. Sharp mendirikan tenda Plasmacluster untuk mendapatkan udara bersih dan sehat

Erupsi Semeru, Sharp Beri Sarana Kesehatan dan Kebersihan bagi WargaIlustrasi teknologi Plasmacluster Menjaga Kesehatan (dok. pribadi SHARP Indonesia)

Keluhan lain yang dirasakan warga adalah infeksi saluran pernafasan (ISPA), penyakit kulit, dan mata kering akibat dari hujan abu yang terus terjadi beberapa saat setelah erupsi pertama terjadi. Dilatarbelakangi hal tersebut, guna meringankan keluhan warga, Sharp mendirikan tenda Plasmacluster yang dapat digunakan warga untuk mendapatkan udara bersih dan sehat.

Dalam tenda tersebut Sharp Indonesia telah menyediakan Air Purifier dengan teknologi Plasmacluster yang dilengkapi dengan fitur Humidifier untuk melembapkan kulit dan mata. Selain itu, Sharp Indonesia pun menempatkan  tempat tidur dan bean bag bagi warga untuk beristirahat sekaligus mendapatkan udara bersih dan sehat. 

“Tujuan didirikannya tenda Plasmacluster yang dilengkapi dengan produk Air Purifier ini adalah untuk membantu meredakan gangguan pernapasan, sementara humidifier dapat berguna untuk meringankan iritasi mata dan kulit kering akibat debu vulkanik. Sharp Indonesia selalu berupaya untuk memberikan bantuan yang disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” terang Andry.

3. Sharp Indonesia juga turut membantu menjaga higienitas dari para warga pengungsi

Erupsi Semeru, Sharp Beri Sarana Kesehatan dan Kebersihan bagi WargaBerkolaborasi dengan Human Initiative, Sharp Indonesia menyalurkan bantuan bagi pengungsi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (15/12/2021). (Dok. Sharp Indonesia)

Masih dalam masa pandemik, Sharp pun masih terus mengingatkan warga untuk tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), Sharp mendistribusikan lebih dari 20 ribu masker bagi warga pengungsi.

Di samping penyediaan kebutuhan kesehatan, Sharp Indonesia pun turut membantu menjaga higienitas dari para warga pengungsi dengan menyediakan alat mandi dan juga pakaian dalam baru agar warga dapat lebih nyaman saat tinggal di tenda pengungsian. 

Tahap kedua Sharp Indonesia telah menyiapkan bantuan lain berupa layanan perbaikan gratis untuk produk-produk elektronik yang rusak. 

“Kami akan terus pantau kondisi para warga pengungsi dan siap memberikan bantuan yang diperlukan,” pungkas Andry. (WEB)

Baca Juga: Setop Foto-foto di Lokasi Erupsi Gunung Semeru, Kalian Mengganggu!

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya