Menteri Basuki Ajak Insan PUPR Terus Berkontribusi Pulihkan Ekonomi

Kementerian PUPR peringati Hari Bakti ke-76 Pekerjaan Umum

Jakarta, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan Kementerian PUPR dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, yang telah bekerja keras penuh dedikasi dalam melaksanakan tugas membangun infrastruktur di seluruh Indonesia. 

“Saya mengingatkan kepada kita semua untuk terus memberikan kontribusi agar kita dapat segera keluar dari pandemik dan ekonomi Indonesia dapat pulih kembali," kata Menteri Basuki dalam sambutannya pada upacara memperingati Hari Bakti (Harbak) PU ke-76 di kantor Kementerian PUPR Jakarta, Jumat (3/12/2021).  

Puncak peringatan Harbak PU yang bertema ‘76 Tahun Bakti PUPR Sigap Membangun Negeri’ ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan COVID-19 ketat. Bertindak sebagai komandan upacara Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga Asep Arofah Permana dan dihadiri para pejabat tinggi madya dan pratama serta pegawai Kementerian PUPR.

1. Berbagai tugas yang diselesaikan Kementerian PUPR

Menteri Basuki Ajak Insan PUPR Terus Berkontribusi Pulihkan EkonomiMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat mengecek pembangunan infrastruktur. (Dok. Kementerian PUPR)

Lebih lanjut Menteri Basuki mengatakan, di masa yang tidak mudah ini tetap dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diamanahkan kepada Kementerian PUPR. Pada tahun 2021 ini, Kementerian PUPR berhasil menyelesaikan pembangunan 15 bendungan dengan 11 di antaranya telah diresmikan Presiden Joko Widodo. 

Bendungan tersebut antara lain Bendungan Tugu, Gongseng, Bendo, Kuningan, Paselloreng, dan Karalloe. Bendungan dengan ragam fungsi yang banyak (multifungsi) seperti untuk irigasi, air baku, pengendalian banjir, dan pembangkit energi harus dapat dimanfaatkan secara optimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menteri Basuki mengatakan, hingga November 2021, pihaknya telah menuntaskan pembangunan dan mengoperasikan 101 km jalan tol dari target 190 km. Insya Allah di akhir 2021 target tersebut bisa dicapai. Dengan demikian, total panjang jalan tol operasional di Indonesia hingga akhir 2021 menjadi 2.529 km. Beberapa ruas tol yang telah beroperasi antara lain Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1, Balikpapan-Samarinda Seksi 1 & 5, dan Semanan-Pulo Gebang Seksi A. 

"Kita juga meneruskan pembangunan jalan nasional perbatasan di Kalimantan, Papua, dan NTT. Dari total panjang perbatasan 3.628 km, akan tersambung jalan sepanjang 3.404 km di akhir 2021. Diharapkan jalan perbatasan dapat tersambung seluruhnya pada akhir tahun 2024," terang Menteri Basuki. 

Baca Juga: Kala Jokowi Bujuk Menteri PUPR Beli Sepatu Bot Kuning buat Naik Motor

2. Kementerian PUPR turut mendukung pengembangan 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

Menteri Basuki Ajak Insan PUPR Terus Berkontribusi Pulihkan EkonomiFoto udara pembangunan hotel Pullman di Kawasan pariwisata The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/12/2020). (ANTARA FOTO /Ahmad Subaidi)

Menteri Basuki menambahkan, dalam mendukung pengembangan 5 (lima) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, telah dilakukan pembangunan Jalan Lingkar Samosir, Penataan Kawasan Borobudur, Penataan Kawasan Labuan Bajo dan Penataan Kawasan Mandalika sebagai dukungan penyelenggaraan World Super Bike (WSBK) 2021 beberapa waktu lalu. 

Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan tugas khusus pembangunan prasarana-sarana olahraga dalam mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Provinsi Papua.

Kontribusi Kementerian PUPR dalam mendorong perekonomian masyarakat yang terpuruk pascapandemik COVID-19 dilakukan melalui pembangunan infrastruktur dengan pola Padat Karya Tunai (PKT). 

"Program PKT Tahun 2021 dengan anggaran sebesar Rp23,2 triliun juga telah dilaksanakan hingga pelosok Tanah Air untuk membantu membuka lapangan kerja bagi 1,2 juta orang yang membutuhkan," tegas Menteri Basuki. 

3. Amanah dan kepercayaan yang diberikan semakin besar

Menteri Basuki Ajak Insan PUPR Terus Berkontribusi Pulihkan EkonomiDok. Kementerian PUPR

Menteri Basuki juga mengatakan, memasuki tahun 2022, amanah dan kepercayaan yang diberikan kepada Kementerian PUPR semakin besar.

"Kita perlu terus merapatkan barisan dan meningkatkan kekompakan dalam melaksanakan tugas-tugas baru yang kita emban. Persiapan KTT G-20 di Bali, penataan Kawasan Mandalika menyongsong Moto GP 2022, renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan pembangunan Papua Youth Creative Hub di Papua harus kita laksanakan dengan sebaik-baiknya," katanya. 

“Saya ingin mengutip pesan Presiden RI Bapak Joko Widodo (Jokowi) pada Hari Bakti ke-76 PU, bahwa ke depan kita harus membangun lebih banyak lagi infrastruktur yang lebih berkualitas, smart, dan ramah lingkungan. Menciptakan konektivitas untuk membuka akses dan meningkatkan keterhubungan antarwilayah, keterhubungan antardaerah, dan meningkatkan efisiensi serta meningkatkan produktivitas untuk mewujudkan Indonesia Maju,” tambah Menteri Basuki.

4. Jadi perhatian Kementerian PUPR dalam melanjutkan pembangunan infrastruktur

Menteri Basuki Ajak Insan PUPR Terus Berkontribusi Pulihkan EkonomiDok. Kementerian PUPR

Menteri Basuki pun menekankan, terdapat beberapa hal yang harus menjadi perhatian dalam melanjutkan pembangunan infrastruktur ke depan. Pertama, kualitas infrastruktur harus benar-benar ditingkatkan karena tuntutan dan harapan publik yang semakin tinggi dan besar terhadap Kementerian PUPR. Kedua, pembangunan infrastruktur harus lebih memperhatikan keberlanjutan lingkungan dengan mengikuti kaidah-kaidah green infrastructure

Ketiga, dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur harus senantiasa bekerja sesuai dengan Corporate Culture yang telah ditanamkan para senior PUPR, yaitu Bekerja Keras, Bergerak Cepat, dan Bertindak Tepat dalam satu team work yang solid.

“Selain Corporate Culture tersebut, kita juga terus mengimplementasikan Nilai iProve yang meliputi Integritas, Profesional, berorientasi pada misi, visioner, dan beretika akhlakul karimah. Hal ini sejalan dengan Core Values ASN Ber-AKHLAK, yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, serta khusus untuk Insan PUPR saya ingin kita semua memiliki sifat yang kuat, berani, berjiwa seni dan berakhlakul karimah,” pungkas Menteri Basuki. (WEB)

Baca Juga: PUPR Rampungkan Pembangunan RS UIN Alauddin Makassar

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya