Wujudkan Bebas Narkoba, BNN Kota Tangerang Bentuk Relawan Anti Narkoba

Tidak ada satu pun yang lolos dari bahaya narkoba

Jakarta, IDN Times - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang menggelar kegiatan Asistensi Penguatan dalam Rangka Pembentukan Relawan Anti Narkoba pada Rabu-Kamis (2-3/12/2020) di Kota Tangerang. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil koordinasi advokasi yang telah dilaksanakan di berbagai instansi, baik pemerintah, BUMN, maupun swasta.

Para peserta yang telah diadvokasi kemudian dibekali dengan berbagai ilmu mengenai permasalahan narkoba, narkoba dari perspektif hukum, pentingnya rehabilitasi hingga tugas, serta fungsi dari relawan itu sendiri.

“Indonesia darurat narkoba! Tidak ada satu pun yang lolos dari bahaya narkoba. BNN membutuhkan sinergi dari para instansi untuk mewujudkan Kota Tangerang Bebas Narkoba," ujar Kepala BNN Kota Tangerang, AKBP Ichlas Gunawan, di hadapan para peserta.

1. Para relawan diberikan sertifikat dan pin secara resmi

Wujudkan Bebas Narkoba, BNN Kota Tangerang Bentuk Relawan Anti NarkobaBNN Kota Tangerang menggelar kegiatan Asistensi Penguatan dalam Rangka Pembentukan Relawan Anti Narkoba pada Rabu-Kamis (2-3/12/2020) di Kota Tangerang. (Dok. BNN Kota Tangerang)

Relawan yang berasal dari kata rela, yaitu seseorang yang bersedia mengabdi secara ikhlas, tanpa pamrih. Selain itu, relawan anti narkoba juga diharapkan memiliki kemampuan dan kepedulian sebagai penggerak penyebarluasan informasi bahaya penyalahgunaan narkoba, serta mampu mendorong aktivitas pencegahan secara mandiri baik di lingkungan setiap instansi maupun di masyarakat sekitar.

Agar dapat melaksanakan tugasnya, para relawan tersebut diberikan sertifikat dan pin relawan secara resmi yang disematkan langsung oleh Kepala BNN Kota Tangerang.

Baca Juga: BNN Gagalkan Penyelundupan 925 Pil Ektasi di Balikpapan

2. Berikan pesan positif agar masyarakat sadar menjauhi narkoba

Wujudkan Bebas Narkoba, BNN Kota Tangerang Bentuk Relawan Anti NarkobaKepala BNN Kota Tangerang AKBP Ichlas Gunawan. (Dok. BNN Kota Tangerang)

AKBP Ichlas Gunawan juga berharap agar para relawan yang sudah resmi dibentuk tersebut mampu menjadi perpanjangtanganan BNN Kota Tangerang kepada masyarakat luas.

"Semoga para relawan juga mau dan mampu secara ikhlas untuk menyebarkan kembali informasi mengenai pesan-pesan positif agar masyarakat sadar untuk menjauhi narkoba," tegas AKBP Ichlas Gunawan di hadapan para relawan.

3. Para relawan juga diberikan materi lainnya

Wujudkan Bebas Narkoba, BNN Kota Tangerang Bentuk Relawan Anti NarkobaDok. BNN Kota Tangerang

Selain diberikan ilmu mengenai permasalahan narkoba, para peserta juga diberikan materi oleh para narasumber yang ahli di bidangnya.

Penyiar Prambors, Ilham Ramdana, menjadi salah satu narasumber yang memberikan materi mengenai Teknik Pemanfaatan Media Komunikasi. Ilham secara langsung memberikan pelatihan bagaimana sebagai calon relawan mampu menggunakan media baik elektronik maupun non elektronik dengan menarik dan bijaksana sehingga bisa menyebarkan pesan positif kepada masyarakat luas.

Selain itu, teknik presentasi dan komunikasi efektif pun diajarkan narasumber lainnya, yaitu Dosen Universitas Muhamadiyah Tangerang, Susiswani Isbandi, agar sebagai seorang calon relawan anti narkoba memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif di depan khalayak. Berbicara dengan lugas, tetapi dapat mudah diterima dan dimengerti audiens. (CSC)

Baca Juga: Sejumlah Relawan Satgas COVID-19 Mundur, Begini Respons Koordinator

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya