Jalankan Budaya K3 yang Baik, Waskita Raih Penghargaan Lagi dari WSO

Waskita menerima penghargaan level 4 (pro active)

Jakarta, IDN Times - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) secara berturut-turut mendapatkan penghargaan dari World Safety Organization (WSO). Sebelumnya, penghargaan pertama diberikan WSO pada tahun 2019, yaitu untuk kategori perusahaan terbaik yang berkomitmen serta mengimplementasikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) atau Occupational Health and Safety (OHS) tingkat dunia. Saat itu, SVP QHSE & System Division Waskita Karya, Subkhan, yang menerima langsung penghargaan tersebut di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Kemudian yang kedua di tahun ini, WSO memberikan penghargaan kepada Waskita untuk kategori penilaian budaya K3 yang sudah dijalankan dengan sangat baik atau level 4 (Pro Active). Level tersebut merupakan perusahaan teruji di lapangan maupun administrasi dari hasil survei dan observasi mendalam. 

“Waskita telah mengedepankan penerapan praktik atau pelaksanaan K3 sebagai ciri khas sistem manajemen yang telah matang,” ujar CEO WSO International Alfredo yang disampaikan Subkhan.

1. Alat ukur survei kuesioner dan observasi lapangan telah teruji dan pernah dilakukan di Departemen Energi Amerika Serikat

Jalankan Budaya K3 yang Baik, Waskita Raih Penghargaan Lagi dari WSOWaskita Karya saat meraih penghargaan WSO Award 2019 (Dok. PT Waskita Karya)

Alat ukur survei kuesioner dan observasi lapangan atau administrasi yang digunakan WSO ialah kuesioner yang telah teruji dan pernah dilakukan Ostrom dan lainnya di Departemen Energi Amerika Serikat. 

Instrumen tersebut telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dan telah diuji validitas serta reliabilitasnya. Terdapat 19 dimensi budaya aspek K3, yaitu safety awareness, teamwork, pride and commitment, excellency, honesty, communication, leadership and supervision, innovation, training, procedure compliance, safety effectiveness, facilities, selection and placement, emergency, risk management, application, socialization, involvement, dan priority of safety

2. Waskita Karya sudah menunjukkan level budaya K3 yang baik

Jalankan Budaya K3 yang Baik, Waskita Raih Penghargaan Lagi dari WSODok. PT Waskita Karya

CEO WSO International, Alfredo, menjelaskan bahwa safety leadership (kepemimpinan) dan nilai-nilai keselamatan yang diterapkan Waskita Karya sudah menuju ke arah peningkatan berkelanjutan atau continuous improvement

“Dari keseluruhan budaya aspek K3, secara keseluruhan atau umum, PT Waskita Karya (Persero) Tbk menunjukkan level budaya K3 yang baik,” ujarnya. 

Alfredo juga menjelaskan, pencapaian menuju level tertinggi masih satu level lagi, yaitu menuju tingkat world class (generative). Untuk mencapai level tersebut diperlukan upaya-upaya peningkatan perilaku budaya K3 dengan melibatkan peran aktif seluruh personel atau elemen (bringing it to life).

3. Waskita Karya terus berupaya merampungkan proyek tol 1.300 km

Jalankan Budaya K3 yang Baik, Waskita Raih Penghargaan Lagi dari WSOANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Selain meningkatkan budaya K3, Waskita Karya juga terus berupaya merampungkan komitmen pembangunan jalan tol dengan panjang lebih dari 1.300 kilometer (km). Perusahaan pelat merah itu menjelma menjadi kontraktor spesialis pengembangan infrastruktur konektivitas dalam beberapa tahun terakhir.

Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk Destiawan Soewardjono mengatakan, pengembangan dimulai dengan akuisisi jalan Tol Pejagan-Pemalang dan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) pada tahun 2014 silam. 

"Waskita terus meningkatkan konektivitas jalan tol nasional, baik sebagai investor maupun kontraktor," pungkasnya.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya