Pentingnya Strategi Baru di Tengah Situasi Pandemik bagi Pelaku Bisnis

Pelaku bisnis harus beradaptasi agar dapat bertahan

Jakarta, IDN Times - Pandemik Covid-19 benar-benar memberikan dampak di setiap sisi kehidupan manusia, mulai sisi kesehatan, kehidupan sosial, sampai ekonomi. Begitu pun dengan dunia industri, pelaku bisnis harus beradaptasi dan mulai bertransisi agar dapat bertahan. 

Penyelenggara event juga harus putar otak untuk menyusun strategi baru di tengah situasi pandemik. Buah hasil pemikiran tersebut ialah konser musik dapat dilakukan melalui digital platform. Yang tadinya kita membeli tiket masuk, kini kita membayar untuk sebuah akses berupa link. Penonton tetap dapat menikmati konser musik band favoritnya dengan di rumah saja. Selain konser musik, kegiatan seminar juga dapat dilaksanakan secara online.

1. Para profesional maupun entrepreneur yang mumpuni secara knowledges maupun skills dibutuhkan saat ini

Pentingnya Strategi Baru di Tengah Situasi Pandemik bagi Pelaku BisnisDok. Prasmul

Dengan kondisi seperti sekarang ini, dibutuhkan para profesional maupun entrepreneur yang mumpuni secara pengetahuan (knowledges) maupun kemampuan (skills). Kedua hal tersebut tidak didapatkan dalam waktu semalam, tetapi diperlukan proses belajar yang kuat dalam esensi dan praktik. Universitas Prasetiya Mulya sangat memperhatikan kedua hal tersebut dalam mencetak mahasiswanya. 

"Dalam pertemuan dengan faculty member (dosen), saya sampaikan bahwa kita harus ajarkan apa yang ada di akar dan batang, bukan di ranting dan daun. Karena kalau di ranting dan daun setelah lulus, mahasiswa akan lupa. Dengan akar yang kuat, walaupun tanaman terbakar atau dipotong akan tumbuh tunas baru. Pondasi itu harus kuat, dengan pondasi yang kuat membuat lebih fleksibel. Bagaimana konsep atau teori yang ada bisa diterapkan dalam berbagai konteks," ujar Wakil Rektor I Bidang Pembelajaran Universitas Prasetiya Mulya Agus Soehadi. 

2. Di bidang event, kreativitas harus diseimbangkan dengan optimalisasi

Pentingnya Strategi Baru di Tengah Situasi Pandemik bagi Pelaku BisnisDok. Prasmul

Pada sebuah event, aspek pengalaman memegang peranan kunci, bagaimana sebuah event online juga bisa tetap memberikan pengalaman yang bermakna bagi pesertanya. Oleh karena itu, di dalam dunia event, kreativitas harus diseimbangkan dengan optimalisasi. Setiap ide yang muncul harus melewati proses audience analysis, kemudian lanjut mempelajari setiap detail produksi. 

Dengan project-based learning sebagai salah satu unggulan Universitas Prasetiya Mulya, mahasiswa akan diterjunkan langsung untuk berpartisipasi ke dalam berbagai ragam ajang nyata agar memiliki pengalaman kerja lapangan. 

Strata 1 (S-1) Event Universitas Prasetiya Mulya merupakan program sarjana pertama di Indonesia yang berdedikasi pada ilmu perancangan acara. Dengan kurikulum yang modern dan ter-update, creative forces tidak hanya akan siap bekerja, tapi siap beradaptasi dengan perkembangan dunia event. Misalnya, memanfaatkan media online seperti e-seminar dan Live Stream Music untuk memastikan dunia event tetap aktif di masa pandemik. 

3. Pentingnya seorang akuntan di tengah terpaan gelombang besar seperti pandemik

Pentingnya Strategi Baru di Tengah Situasi Pandemik bagi Pelaku Bisnisiqc.ie

Selain itu, dalam upaya mempertahankan agar tidak tenggelam pada terpaan gelombang besar seperti pandemik, perusahaan membutuhkan seseorang yang mampu memberikan alternatif atau masukan, dan tentunya juga berperan sebagai business partner yang mampu menganalisis lalu menerjemahkan informasi menjadi keputusan bisnis yang strategis. Peran ini dapat dimainkan seorang akuntan. 

S-1 Accounting Universitas Prasetiya Mulya menekankan penerapan pengetahuan dan keterampilan akuntansi dengan pemahaman yang lebih baik tentang perspektif proses bisnis. Mengajarkan mahasiswanya untuk menjadi seorang yang teliti, komunikatif, serta bisa berpikir secara strategis dan kritis. Mahasiswa juga terampil menavigasi beragam aplikasi akuntansi untuk mendukung pelaporan dan informasi keputusan bisnis yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Nutrisi yang tepat akan membuat tanaman menjadi sehat. Akar terbentuk sempurna dan menumbuhkan batang yang kuat. Apabila ada serangan atau gangguan dari luar, tidak akan mengakhiri kehidupan, tetapi menumbuhkan tunas baru.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya