5 Kontroversi Pemprov DKI Sambut Asian Games, Ada Typo Spanduk Nih

Banyak menuai komentar warga

Jakarta, IDN Times - Menjelang Asian Games banyak persiapan yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menyambut pesta Olahraga Asia 2018 ini.

Segala usaha dilakukan untuk mempercantik Jakarta sepanjang perhelatan Asian Games 2018 tersebut. Namun dalam perencanaan menata Kota DKI Jakarta banyak mendapat sorotan publik. Berikut berbagai kontroversi menyambut Asian Games 2018.

1. Typo spanduk yang bertuliskan "Aisan Games"

5 Kontroversi Pemprov DKI Sambut Asian Games, Ada Typo Spanduk NihTwitter.com/@ILOSanre

Ada yang bertuliskan "Asean Games", ada juga spanduk yang bertuliskan "Aisan Games". Belum diketahui lokasi spanduk ini dipasang. Tidak diketahui juga siapa pembuat spanduk-spanduk typo atau salah tulis itu.

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Iman Satria meminta Pemprov DKI merespons unggahan netizen di Twitter yang menampilkan spanduk berlogo Pemprov DKI dengan tulisan Asean Games tersebut.

Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengatakan, kesalahan tersebut manusiawi. Sandi mengingatkan masyarakat untuk tidak terlalu mempersoalkannya.

Baca Juga: Asian Games Bakal Dongkrak Penghasilan Masyarakat Sumatera Selatan

2. Pemasangan kain waring di sekitar Kali Item jelang Asian games

5 Kontroversi Pemprov DKI Sambut Asian Games, Ada Typo Spanduk NihANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Selanjutnya bisa dilihat dengan upaya pemerintah juga turut mempercantik Kali Item yang terletak di belakang Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat tersebut.

Kali Sentiong yang dijuluki sebagai Kali Item yang dipasangi jaring warna hitam berbahan nilon atau biasa disebut kain waring.

Adapun pemasangan kain jaring sepanjang 689 meter dengan lebar sekitar 20 meter itu bertujuan untuk menutupi keruhnya aliran Kali Item yang dianggap tak sedap dipandang.

3. Jembatan Penyeberangan Orang HI dirobohkan

5 Kontroversi Pemprov DKI Sambut Asian Games, Ada Typo Spanduk NihIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selanjutnya, kita bisa melihat Pemprov DKI Jakarta merobohkan JPO HI, perobohan JPO ini akan dilakukan jelang laga Asian Games digelar. 

Tujuannya, para tamu dari mancanegara dapat menyaksikan patung selamat datang itu saat melintasi ruas jalan tersebut. Tetapi perobohan ini juga mengundang kontroversi.

4. Area rumput dibangun jalur untuk hubungkan halte bus dan Jalan Sudirman

5 Kontroversi Pemprov DKI Sambut Asian Games, Ada Typo Spanduk NihIDN Times/Helmi Shemi

Untuk yang satu ini pemerintah membuat taman rumput, tujuannya sama, untuk mempercantik lingkungan menjelang Asian Games 2018. Area taman rumput tersebut berlokasi di antara halte trotoar dan jalan raya di Sudirman – Thamrin.

Setelah ada area rumput yang cukup lebar di depan halte bus di Jalan Jenderal Sudirman ini, banyak warga mengeluhkan keberadaannya.

Para penumpang merasa kesulitan saat hendak turun maupun naik bus dari halte. Sejumlah warga akhirnya berjalan memutar beberapa meter untuk mencapai trotoar maupun saat akan naik bus. Ada pula yang terpaksa menginjak rumput-rumput yang baru ditanam itu.

5. Kebijakan libur saat Asian Games 2018

5 Kontroversi Pemprov DKI Sambut Asian Games, Ada Typo Spanduk NihSuasana hotel di Palembang sambut Asian Games 2018 ANTARA FOTO

Menjelang Asian Games 2018, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meliburkan 34 sekolah yang terdampak. 

Diperkirakan ada sekitar 17.000 siswa yang terkena dampak libur sekolah saat perhelatan Asian Games 2018. 

Anis Baswedan, Gubernur DKI Jakarta mengatakan, untuk memastikan tidak ada hambatan saat Asian Games 2018 berlangsung ada delapan rute pengantaran atlet dari wisma atlet ke venue.

Baca Juga: Mengintip Wajah Baru Arena GBK, Siap untuk Asian Games Nih

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya