Cerita Jokowi yang Dipanggil "Mbah Wi" Oleh Jan Ethes 

Pada saat upacara, Jokowi kenakan pakaian dari Aceh

Jakarta, IDN Times - Seperti yang peringatan kegiatan HUT RI tahun-tahun sebelumnya, Istana kembali menggelar upacara untuk memperingati peristiwa kemerdekaan Indonesia pada (17/8) di area halaman. Sama seperti penyelenggaraan HUT RI tahun 2017, para tamu termasuk Presiden Joko "Jokowi" Widodo diminta mengenakan pakaian daerah. 

Pakaian daerah itu melambangkan keragaman budaya yang dimiliki Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Kira-kira pakaian daerah apa ya yang dikenakan oleh Jokowi? 

1. Jokowi terlihat mengenakan baju adat asal Aceh

Cerita Jokowi yang Dipanggil Mbah Wi Oleh Jan Ethes (Presiden Joko "Jokowi" Widodo ketika tengah selfie bersama istrinya Iriana) www.twitter.com/@jokowi

Sebelum upacara detik-detik peringatan proklamasi digelar, Presiden Joko "Jokowi" Widodo sempat menyapa media. Ia terlihat menggandeng cucu pertamanya, Jan Ethes. Jokowi terlihat mengenakan pakaian asal Provinsi Aceh.

Baca Juga: Daftar Promo Makanan dalam Rangka HUT RI, Gak Sampai Rp50 Ribu Lho!

2. Jokowi menggandeng cucu kesayangan Jan Ethes

Cerita Jokowi yang Dipanggil Mbah Wi Oleh Jan Ethes instagram.com/jokowi

Saat akan keluar dari Istana Merdeka, Jokowi tampak meggandeng cucu pertamanya, Jan Ethes. Ethes adalah merupakan putra pertama Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.

Jokowi dan Ethes turun dari Istana Merdeka sisi barat dan melihat kuda-kuda yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-73 RI. Sejak awal, Ethes memang mencuri perhatian awak media. Pada HUT RI kali ini ia mengenakan cucu Jokowi yang baru berusia dua tahun itu mengenakan baeskap hitam. 

“Jan Ethes, Jan Ethes," panggil wartawan ke cucu pertama Jokowi itu.

Bocah balita itu terlihat menggemaskan ketika melambaikan tangan ke arah wartawan. Walau sudah dipanggil oleh media, namun Ethes masih emoh bicara. Ia sampai harus dibujuk oleh sang kakek, Jokowi, agar mau berbicara ke media.

"Ngomongnya satu kata satu kata saja,” ujar Jokowi.

3. Jokowi punya panggilan kesayangan dari Jan Ethes

Cerita Jokowi yang Dipanggil Mbah Wi Oleh Jan Ethes IDN Times

Respons yang disampaikan Jan Ethes justru membuat wartawan semakin baper. Betapa tidak, sebab, Ethes memberikan tanda kiss bye ke arah pewarta.

Jokowi pun mengatakan Ethes memiliki panggilan khusus ke dirinya yakni "Mbah Wi".

Sementara menyikapi peringatan HUT ke-73, Jokowi menegaskan harus membangun semangat persatuan dan kesatuan. Selain itu, kerukunan perlu dijaga demi kondusivitas negeri.

"Stabilitas politik stabilitas keamanan merupakan modal paling fundamental dalam membangun negara ini," kata Jokowi di Istana Merdeka hari ini.

Baca Juga: Gemesin Banget, Inilah 7 Foto Jan Ethes Cucu Pertama Presiden Jokowi

Topik:

Berita Terkini Lainnya