[BREAKING] Banyak Korban Kebakaran Lapas Tangerang Terbakar Hidup-hidup 

Banyak napi tewas lantaran terkunci di sel Lapas Tangerang

Tangerang, IDN Times - Tragedi kebakaran yang terjadi di Lapas Klas IA Tangerang, Banten menewaskan 41 warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang menghuni blok C2. Kebakaran terjadi pada Rabu (8/9/2021) dini hari tadi. Pada kejadian nahas tersebut, banyak napi tewas lantaran tak bisa melarikan diri karena terkunci di dalam sel.

"Sebanyak 2.072 penghuni (Lapas Kelas I Tangerang). Kalau yang kejadian kebakaran C2 itu 122 orang. Terbakar karena memang kamar semua dikunci, jadi ada yang tidak sempat dikeluarkan dari kamar," ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Banten Agus Toyib.

Fakta tersebut juga didukung oleh kondisi korban saat ditemukan setelah api berhasil dipadamkan, dan jenazah dibawa ke RSUD Kabupaten Tangerang. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi (HPI) RSU Kabupaten Tangerang, dr. Hilwani.

"Kondisi jenazah berbeda-beda, dari mulai ringan sampai luka bakar yang menyebabkan kontraktur kaku sampai hangus, itu semuanya dikirim ke sini. Jadi kondisinya dari mulai yang bisa dikenalin tapi perlu diidentifikasi, sampai yang sulit dikenalin," ujar Hilwani.

Hingga kini, belum ada satu pun jenazah yang berhasil diidentifikasi. Puluhan jenazah tersebut pun akan dibawa ke RS Polri Kramat Jati untuk mempermudah proses identifikasi oleh Tim DVI Mabes Polri.

Berikut kontak yang bisa dihubungi keluarga korban kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang:

1. Call Center:  0813-8355-7758

2. Lapas Kelas I Tangerang: (021) 5524187

Baca Juga: [BREAKING] 122 Napi Terkunci di Sel Saat Api Berkobar di Lapas

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya