[BREAKING] KNKT Koordinasi dengan NTSB Amerika Terkait Hilangnya Sriwijaya Air

KNKT saat ini masih dalam tahap pengumpulan data

Tangerang, IDN Times - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tengah berkoordinasi dengan badan keselamatan transportasi Amerika Serikat, yakni National Transportation Safety Board (NTSB) terkait hilangnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182 rute Jakarta - Pontianak.

Kepala KNKT Suryanto mengatakan, hal tersebut sesuai dengan aturan keselamatan transportasi dunia.

"Jadi saya harus menginformasikan kepada NTSB Amerika Serikat, karena seluruh manifes penumpang merupakan warga negara Indonesia, maka tidak menginformasikan kepada negara lain," ujar Suryanto di Posko Crisis Center Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Sabtu (9/1/2021).

Suryanto menuturkan, pihaknya saat ini masih dalam tahap pengumpulan data, baik itu data keluarga korban, pesawat, hingga kronologi penerbangan.

"Jadi kami masih mengumpulkan informasi terutama terkait seperti apa kondisi pesawat saat lepas landas," jelasnya.

Pihaknya pun tengah mempersiapkan berbagai peralatan untuk memastikan penyebab hilangnya pesawat tersebut. Namun, hal itu baru dapat dilakukan saat pesawat sudah dapat dipastikan keberadaannya.

"Kami berkoordinasi dengan BPPT untuk menggunakan Kapal Baruna Jaya 4 yang dilengkapi peralatan survei bawah air, yang sering kami pakai untuk underwater recovery," tuturnya.

Adapun bagi keluarga korban yang ingin mencari tahu lebih lanjut terkait kondisi terkini dapat menghubungi hotline Sriwijaya Air di 021-80637817. Ada juga posko di Terminal D kedatangan Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga: [BREAKING] Profil Boeing 737-500, Pesawat Sriwijaya Air yang Hilang Kontak

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya