Menhub Minta AP II Bandara Soetta Konsisten agar Rapid Test tak Antre

Sebut pemohon positif dapat lakukan pengembalian tiket

Tangerang, IDN Times - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau Airport Health Center di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (26/12/2020). 

Dalam tinjauan tersebut, Menhub langsung menuju tempat pelaksanaan rapid test di Terminal 2 yang terletak di Stasiun Skytrain untuk meninjau proses calon penumpang pesawat dalam melakukan tes COVID-19. 

Budi kemudian menuju Airport Health Center Terminal 3 di SMMILE Center untuk melihat proses yang sama. "Hari ini saya meninjau bagaimana proses pemeriksaan rapid test untuk penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta," kata Menhub. 

1. Menhub apresiasi pengelola Bandara yang siapkan banyak titik rapid test

Menhub Minta AP II Bandara Soetta Konsisten agar Rapid Test tak AntreIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Menhub menyatakan, ada lokasi tes COVID-19 yang tersebar di delapan titik di Bandara Soekarno-Hatta, serta tiga alternatif yang dapat dipilih calon penumpang pesawat. Layanan itu untuk melakukan tes yaitu pre-order service, drive thru service dan walk in service merupakan salah satu hal baik sehingga pelaksanaan tes dapat terdistribusi dengan baik.

“Kami meminta AP II secara konsisten meningkatkan layanan agar tidak terjadi antrean,” ujar Budi. 

Baca Juga: Bandara Soetta Diklaim Jadi Salah Satu Bandara Teraman dari COVID-19

2. Minta calon penumpang diketahui positif COVID-19 tidak terbang

Menhub Minta AP II Bandara Soetta Konsisten agar Rapid Test tak AntreIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Menhub menuturkan bagi calon penumpang yang diketahui hasil tesnya positif setelah diperiksa di Airport Health Center maka dapat melakukan pengembalian tiket. 

“Yang bersangkutan dapat melakukan reschedule perjalanan atau mendapatkan refund dengan harga sesuai yang dibayar,” jelas Budi.

3. Jika ditemukan pemohon positif langsung dibawa ke ruang isolasi

Menhub Minta AP II Bandara Soetta Konsisten agar Rapid Test tak AntreIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan jika diketahui terdapat calon penumpang pesawat dengan hasil tes positif maka akan diarahkan untuk menuju ruang isolasi/ruang kesehatan. 

“Kemudian, koordinasi akan dilakukan dengan pihak terkait lainnya. Yang jelas, calon penumpang bersangkutan tidak diperkenankan untuk melakukan penerbangan,” jelasnya

Awaluddin menambahkan, koordinasi lainnya melakukan sterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfektan di area Airport Health Center. "Peran Airport Health Center cukup vital dalam turut serta mendukung pelaksanaan pengetesan COVID-19 di mana segmennya adalah untuk calon penumpang pesawat," ujarnya. 

Baca Juga: 82 Calon Penumpang di Bandara Soetta Reaktif Saat Rapid Antigen

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya