Comscore Tracker

270 Ribu Kendaraan Diprediksi Masuk Jabodetabek Hari Ini

Pemerintah terapkan one way untuk urai kepadatan

Jakarta, IDN Times - Sekitar 270 ribu kendaraan diprediksi bakal masuk Jabodetabek pada puncak arus balik hari ini, Minggu (8/5/2022). Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Muhadjir mengatakan, jumlah itu baru sepertiga dari total keseluruhan pemudik yang akan pulang ke Jakarta.

“Seperti yang disebut oleh Kapolri, hari Minggu akan menjadi puncak mudik, dan berdasarkan dari prediksi Jasa Marga itu akan ada 270 ribu kendaraan yang akan masuk ke Jabodetabek dari semua arah. Dan ini memang harus kita siapkan sungguh-sungguh,” kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Minggu (8/5/2022).

1. Penerapan one way untuk urai kemacetan

270 Ribu Kendaraan Diprediksi Masuk Jabodetabek Hari IniIlustrasi kemacetan di tol (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Muhadjir menyampaikan, pihak kepolisian bakal menerapkan one way di beberapa ruas jalan tol untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

Diketahui sejak pukul 14.00 WIB, Jumat (8/5), telah diberlakukan sistem satu arah mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga ke KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta.

Dia menuturkan, menurut data Kapolri, baru 30 persen pemudik yang kembali ke Jabodetabek. Sementara 64 persen lainnya masih berada di kampung halaman.

“Artinya dua kali lipat pemudik belum masuk Jabodetabek,” kata Muhadjir.

Baca Juga: Menhub soal Puncak Arus Mudik: 60 Persen Belum Balik ke Jabodetabek

2. Optimalkan one way dan ganjil genap

270 Ribu Kendaraan Diprediksi Masuk Jabodetabek Hari IniSejumlah calon penumpang bus menunggu jadwal keberangkatan di Terminal Kalideres, Jakarta, Rabu (20/4/2022). (ANTARA FOTO/Fauzan/tom.)

Muhadjir mengatakan bakal terus melakukan koordinasi dan sinkronisasi antara pihak Korlantas, Kemenhub, serta operator jasa jalan tol untuk memastikan kelancaran serta keamanan pemudik.

Untuk mengurai kepadatan lalu lintas, pemerintah juga mengatakan akan mengoptimalkan rekayasa lalu lintas seperti one way, ganjil genap, dan contra flow.

“Tentu akan kita maksimalkan beberapa solusi seperti one way, ganjil genap dan contra flow,” jelas Muhadjir.

3. Pemudik diimbau pulang ke Jabodetabek usai 8 Mei

270 Ribu Kendaraan Diprediksi Masuk Jabodetabek Hari IniSuasana di Terminal Terpadu Pulogebang Jelang Libur Natal dan Tahun Baru (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Pemerintah juga melakukan relaksasi untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan tol imbas arus balik pemudik. Pemerintah mengimbau agar pemudik bisa pulang ke Jabodetabek setelah tanggal 8 Mei.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah telah melakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas imbas arus balik pemudik. Harapannya dengan relaksasi itu, kepadatan lalu lintas bisa terurai.

“Pemerintah sudah melakukan relaksasi seperti membolehkan cuti, dan anak sekolah belajar daring sampai 12 Mei,” ujarnya.

Baca Juga: Cuan dan Lebaran yang Dirindukan di Stasiun Pasar Senen 

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya