Usai Temui Surya Paloh, AHY Sebut Siap Jadi Cawapres Anies

AHY nyatakan diri siap maju jadi cawapres Anies

Jakarta, IDN Times — Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan dirinya siap menjadi cawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Pernyataan itu disampaikan AHY setelah bertemu dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh untuk makan siang di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2022).

“Kami pribadi terus mempersiapkan diri, apa pun tugas ya harus kami jalankan pada saatnya. Apa pun itu, di mana pun, harus siap,”kata AHY.

1. Masih prioritaskan koalisi

Usai Temui Surya Paloh, AHY Sebut Siap Jadi Cawapres AniesKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (6/5/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Meski menyatakan siap jadi cawapres, AHY mengaku akan memprioritaskan koalisi antara Partai Demokrat, NasDem, dan PKS. Ketiganya disebut tak terburu-buru untuk mengumumkan deklarasi koalisi, serta pasangan capres-cawapres.

“Karena yang lebih baik adalah koalisi benar-benar soild dan benar-benar setelah itu hanya ada maju ke depan, dan berlari. Bukan berhenti atau mundur ke belakang,” ucapnya.

Baca Juga: AHY Sambangi Rumah Anies: Banyak Titik Temu, Sama Cara Pandang

2. AHY cawapres bukan syarat utama koalisi

Usai Temui Surya Paloh, AHY Sebut Siap Jadi Cawapres AniesAnies Baswedan saat bertemu dengan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kediamannya, Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2022). (instagram.com/aniesbaswedan)

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini juga mengaku dukungan pada dirinya untuk maju sebagai cawapres bukan syarat utama untuk berkoalisi. Dia juga tak mau mendesak mitra koalisi untuk memilihnya sebagai cawapres.

Kendati begitu, AHY mengatakan pihaknya akan tetap berikhtiar.

“Saya hanya ingin berprasangka baik terhadap apa yang terus kita ikhtiarkan. Sambil terus mempersiapkan diri dan semua itu kan takdir,” tuturnya.

3. Surya Paloh sebut masih pertimbangkan deklarasi koalisi

Usai Temui Surya Paloh, AHY Sebut Siap Jadi Cawapres AniesKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat deklarasi pencalonan Anies Baswedan sebagai capres untuk Pilpres 2024.(IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Surya Paloh mengatakan saat ini komunikasi dengan Demokrat dan PKS makin erat. Ketiganya masih menjalin komunikasi dalam rangka menyesuaikan frekuensi dan visi di 2024.

“Koalisi memang sedang menyesuaikan frekuensi, apa yang barangkali bisa disesuaikan satu sama lain,” ucapnya.

Surya Paloh juga mengatakan pihaknya masih mempertimbangkan momen deklarasi koalisi antara tiga partai. Paloh kemudian mengatakan pihaknya belum menetapkan cawapres untuk mendampingi Anies Baswedan.

“Waktunya kapan untuk deklarasi, cari hari baik dan bulan baik. Cawapres belum,” ucapnya.

Baca Juga: NasDem-Demokrat-PKS Bertemu di Rumah Anies, Bahas soal Cawapres

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya