Airlangga soal Nama Capres di KIB: Belum Ada sampai Sekarang

PPP sebut masih usaha cari nama capres untuk KIB

Jakarta, IDN Times — Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menemukan nama tokoh yang bakal diusung sebagai calon presiden (capres) dalam Pilpres 2024.

Hal itu dia sampaikan ketika disinggung terkait Partai NasDem yang sudah mengumumkan tiga nama tokoh yang bakal diusung dalam Pilpres mendatang. Meski belum berkoalisi, NasDem telah mengumumkan nama-nama yang dianggap memiliki kapabilitas untuk maju di 2024.

“KIB nanti akan diumumkan pada waktunya. Belum kalau untuk sekarang,” kata Airlangga di Jakarta Pusat, Minggu (19/6/2022) malam.

1. PPP sebut KIB masih istikharah cari nama capres

Airlangga soal Nama Capres di KIB: Belum Ada sampai SekarangPolitikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Waketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani, mengaku masih berusaha untuk mencari nama bakal calon yang akan diusung KIB dalam waktu dekat.

Dia mengaku saat ini sedang dalam tahap mengidentifikasi internal masing-masing partai yang cocok untuk diusung sebagai bakal capres 2024.

“KIB sedang istikharah sekarang, untuk mengidentifikasi siapa, terutama dari internal KIB dulu ya, yang pantas untuk dicapreskan dan dicawapreskan. Kami memang tidak mau terburu-butu bicara,” kata Arsul di DPR RI, Senin (20/6/2022).

Baca Juga: Masuk Bursa Capres NasDem, Ganjar Pranowo: Hak Preogratif Ketum

2. KIB bakal minta saran Jokowi

Airlangga soal Nama Capres di KIB: Belum Ada sampai SekarangPresiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin berziarah sebagai bentuk peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata pada Selasa (10/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan/Lucas)

Arsul kemudian menyinggung, diperlukan komunikasi lanjutan dengan semua pihak yang berada dalam lingkaran politik pemerintahan. Dalam hal ini, pihaknya bakal berkomunikasi dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo serta Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Saya kira sebagai sebuah realitas politik, semua yang turut menentukan dalam konfigurasi politik nasional kita itu pasti akan diajak bicara, tentu pada pemerintahan saat ini, pak Jokowi, pak kiai Ma’ruf, akan KIB dengarkan,” ujarnya.

3. KIB tak mau ganggu program pemerintah

Airlangga soal Nama Capres di KIB: Belum Ada sampai SekarangWakil Ketua Umum PPP Arsul Sani (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Arsul kemudian mengaku, pihaknya tak ingin buru-buru menentukan pengusungan capres karena banyak tokoh di KIB tergabung dalam pemerintahan. Menurutnya, masing-masing pihak harus lebih dulu mengedepankan pekerjaannya di pemerintahan demi kepentingan rakyat.

“Program-program pembangunan terutama proyek-proyek strategis nasional itu akan terus berlanjut. Kami juga tidak kemudian, ada keterputusan, kalau ada keterputusan maka semua alokasi anggaran yang diberikan jadi sia-sia,” tuturnya.

Baca Juga: PPP Sebut Bakal Ada Parpol Lain Gabung KIB

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya