Comscore Tracker

Airlangga Ungkap Diberi Data Penting Sebelum Tjahjo Kumolo Wafat

Data itu sangat penting bagi Airlangga

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengungkap telah menerima satu lembar data dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Tjahjo Kumolo sebelum koleganya itu meninggal dunia.

Airlangga mengaku, satu lembar data tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya. Dia mengatakan data yang diterima Airlangga Hartarto itu berkaitan dengan pemerintahan hingga data politik.

“Pak Tjahjo Kumolo memberikan saya satu lembar data yang sangat berguna. Persoalan baik itu pemerintahan maupun politik,” katanya kepada wartawan saat melayat di rumah duka, di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Namun Airlangga tidak menjelaskan lebih rinci apa data yang diberikan oleh almarhum Tjahjo Kumolo tersebut.

Ketua Umum Partai Golkar itu kemudian mengenang saat MenPAN RB Tjahjo Kumolo menjadi kader di Partai Golkar sebelum bergabung dengan PDI Perjuangan (PDIP).

Airlangga menyebutkan, Tjahjo Kumolo bahkan sempat menjadi mentor di Partai Golkar.

“Jadi almarhum Pak Tjahjo sebelum di PDIP pernah di Partai Golkar menjadi salah satu mentor pajak orang, termasuk saya,” katanya.

Dia juga mengenang kebersamaanya di Kabinet Indonesia Maju di pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Selama ini, kata dia, dia sangat dekat dengan Tjahjo Kumolo bahkan sering berdiskusi dan bertukar informasi.

Tjahjo Kumolo juga dikenal sering membantu proses perubahan atau peraturan mengenai ASN.

“Saling bertukar informasi dan juga tentu sangat membantu di dalam proses terkait dengan perubahan atau perputaran di ASN,” katanya.

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Pernah di Golkar, Ini Kenangan Menko Airlangga 

Baca Juga: Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Doakan Tjahjo Kumolo Husnul Khotimah 

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya