Ali Ngabalin Prediksi Jokowi Segera Umumkan Menpan RB Pengganti Tjahjo

Menpan RB diisi kader PDIP Olly Dondokambey?

Jakarta, IDN Times - Staf Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin memprediksi, Presiden Joko “Jokowi” Widodo bakal segera melakukan reshuffle atau perombakan kabinet. Ali mengatakan reshuffle dilakukan untuk mengisi kursi Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang kosong setelah Tjahjo Kumolo wafat.

“Saya punya keyakinan akan diisi dalam waktu yang tidak terlalu lama, sejalan dengan jadwal atau waktu yang tepat dari presiden, dan reshuffle itu sendiri,” kata Ali setelah Rakerda Partai Golkar di JCC, Senayan, Minggu (28/8/2022).

Baca Juga: Hari Ini Rabu Pon, Jokowi Lantik Menpan-RB Pengganti Tjahjo Kumolo?

1. Resuffle bisa terjadi lebih cepat

Ali Ngabalin Prediksi Jokowi Segera Umumkan Menpan RB Pengganti TjahjoMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo (nomor dua dari kanan). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Menurut Ali, reshuffle bisa terjadi lebih cepat dalam beberapa hari ke depan. Dia mengungkap pada Agustus-September ini pihaknya di Istana bersama Jokowi telah membahas dua materi besar soal penyesuaian harga BBM.

Kendati, Ali meyakini, reshuffle bakal dilakukan dalam waktu dekat karena telah mendesak untuk mengisi kekosongan kursi Menpan RB.

“Tapi agenda ini (reshuffle) dalam keyakinan saya, dan kebiasaan yang saya selalu melihat dari langkah Presiden Jokowi,” ucap dia.

2. Kemungkinan Menpan-RB diisi kader PDIP Olly Dondokambey

Ali Ngabalin Prediksi Jokowi Segera Umumkan Menpan RB Pengganti TjahjoOlly Dondokambey (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Ali tidak membantah kabar kemungkinan kader PDIP, Olly Dondokambey, mengisi kursi Menpan RB menggantikan Tjahjo Kumolo. Dia menegaskan kembali penunjukan kursi Menpan RB merupakan hak prerogatif presiden.

“Iya bisa saja (Olly), yang pasti presiden punya kewenangan untuk angkat siapa saja. Tapi kenapa orang bicarakan Pak Olly, karena Pak Tjahjo dari PDIP, tapi mengangkat dan menempatkan siapa saja di situ hak prerogatif presiden,” kata dia.

Baca Juga: Megawati Serahkan Nama Kader PDIP ke Jokowi untuk Isi Kursi Menpan-RB

3. Pengisi kursi Menpan RB bakal ditunjuk Megawati

Ali Ngabalin Prediksi Jokowi Segera Umumkan Menpan RB Pengganti TjahjoKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto atau yang akrab disapa Bambang Pacul merespons soal Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, yang dikabarkan akan menjadi Menpan-RB menggantikan Tjahjo Kumolo.

Bambang menyebut, siapa pun sosok yang ditunjuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, akan tegak lurus menjalankan tugasnya.

"Namanya di PDI Perjuangan siapa pun yang ditugaskan oleh ketua umum mesti tegak lurus," kata Bambang, saat ditemui di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis, 23 Agustus 2022.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya