Anies akan Hadiri Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono di Solo

Anies saat ini berada di Jayapura

Jakarta, IDN Times — Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku akan menghadiri pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada Minggu, 11 Desember 2022.

Hal itu dikabarkan langsung oleh Anies Baswedan yang saat ini berada di Papua.

“Salam dari Jayapura, InsyaAllah hadir (pernikahan Kaesang) Minggu di Solo,” kata Anies kepada IDN Times, Jumat (9/12/2022).

1. Anies safari politik ke Papua

Anies akan Hadiri Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono di SoloAnies Baswedan melakukan safari politik ke Tanah Papua pada Kamis (8/12/2022). (instagram.com/aniesbaswedan)

Diketahui beberapa pekan terakhir Anies Baswedan melakukan safari politik ke Sumatra. Dia mengunjungi Kota Medan, Kota Padang, Kepulauan Riau, hingga Aceh.

Terbaru Anies saat ini berada di Papua. Dia mengatakan kedatangan dirinya ke Jayapura, Papua, untuk bersilaturahmi dengan berdiskusi dengan masyarakat. Dia juga menyebut hendak menikmati kuliner yang ada di Papua.

“Tak sabar untuk bertemu teman-teman, bersilaturahmi, berdiskusi, menikmati suasana dan juga menikmati kulinernya,” ucap Anies.

Baca Juga: Prosesi Siraman, Jokowi: Ibu Iriana dan Kaesang Menangis

2. Kaesang menikah, dua menteri jadi saksi

Anies akan Hadiri Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono di SoloSemaan Al-Qur'an dalam rangkaian acara pernikahan Kaesang Erina, Kamis (8/12/2022). (Dok. Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina/Rusman)

Putra bungsu Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Kaesang Pangarep dengan kekasihnya, Erina Sofia Gudono, segera menggelar akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Kedua calon mempelai ini menggunakan adat Solo dan Yogyakarta dalam prosesi pernikahannya. Kaesang mengaku, persiapan pernikahannya sudah matang seratus persen.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Depok, Sleman, Yogyakarta, Muhammad Wiyono mencatat, ada dua menteri yang menjadi saksi pernikahan Kaesang-Erina. Mereka adalah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

3. Prosesi pernikahan sejak 8 Desember

Anies akan Hadiri Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono di Soloprosesi siraman Kaesang Pangarep (dok. Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina)

Sebelum memasuki rangkaian acara akad nikah, Kaesang dan Erina akan menggelar agenda Semaan Al-Qur.’an di kediaman Erina terlebih dahulu pada Kamis (8/12/2022).

Setelah itu, keduanya segera melangsungkan prosesi midodareni di lokasi yang sama, Jumat (9/12/2022). Prosesi tersebut berupa pemasangan bleketepe atau anyaman daun kelapa di kediaman calon mempelai perempuan sebagai lambang dimulainya proses pernikahan.

Sesudah mengucap ijab kabul pada Sabtu 10 Desember 2022, Kaesang dan Erina akan melanjutkan prosesi Ngunduh Mantu pada Minggu (11/12/2022).

Prosesi ini dilangsungkan di dua lokasi sekaligus yakni di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Diketahui, Loji Gandrung merupakan rumah dinas dari Wali Kota Solo.

Baca Juga: Kaesang Menikah 10 Desember, Gelar Resepsi 2 Hari Undang 3.000 Tamu

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya