Bamsoet: Capres Golkar Sudah Final Airlangga Hartarto

Ketum parpol di KIB akan berkomunikasi

Jakarta, IDN Times — Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo alias Bamsoet, menegaskan keputusan pihaknya mengusung Airlangga Hartarto sebagai bakal capres 2024 bersifat final.

Bamsoet mengatakan, pihaknya sudah membuat keputusan dalam rapat pimpinan di forum nasional dan memutuskan Airlangga Hartarto untuk maju sebagai capres 2024.

“Kami sudah putuskan Partai Golkar Pak Airlangga Hartarto (capres) sesuai keputusan Rapimnas, itu sudah final,” kata Bamsoet saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/8/2022).

1. Ketum Parpol di KIB akan berkomunikasi

Bamsoet: Capres Golkar Sudah Final Airlangga HartartoIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Bamsoet mengatakan, para ketua umum (Ketum) partai di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan berkomunikasi soal pengusungan Airlangga Hartarto maju ke Pilpres 2024. Menurutnya sudah menjadi tugas ketua umum untuk saling berkomunikasi untuk persiapan pencalonan.

“Komunikasi dengan KIB itu tugas para ketum,” ujarnya.

Baca Juga: KIB Pamer Kekompakan, PAN, Golkar, dan PPP Daftar Bareng ke KPU

2. Bamsoet harap setiap parpol persiapkan Pemilu 2024

Bamsoet: Capres Golkar Sudah Final Airlangga HartartoKoalisi Indonesia Bersatu setelah menandatangani nota kesepahaman di Jakarta Pusat, Sabtu (4/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Ketua MPR ini juga berharap, setiap partai politik bisa mempersiapkan Pemilu 2024 dengan melakukan pendaftaran parpol ke KPU. Dengan demikian, setiap pihak bisa mengetahui parpol mana saja yang akan bersaing dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Kami tentu saja berharap seluruh parpol segera mendaftarkan sesuai dengan  ketentuan yang ada, sehingga diharapkan nanti sebagai peserta konsentrasi di 2024 lebih siap menghadapi persaingan antarparpol baik yang baru maupun yang lama,” tutur dia.

3. Poros politik di 2024 masih cair

Bamsoet: Capres Golkar Sudah Final Airlangga HartartoIlustrasi bendera partai politik. (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Bamsoet juga menyinggung poros koalisi di 2024 yang masih dinamis. Dia enggan menarik kesimpulan berdasarkan situasi dan kondisi saat ini.

“Semua masih cair, sehingga masih terlalu prematrur kita mengambil kesimpulan, kan semuanya masih serba memungkinkan,” kata dia.

Sebagai informasi, Golkar tergabung dalam KIB bersama PAN dan PPP. Ketiga pihak sudah menandatangani perjanjian kerja sama untuk persiapan 2024 mendatang.

Namun sampai hari ini, KIB belum mengusung siapa bakal capres-cawapres yang akan maju dalam Pilpres 2024.

Baca Juga: Bukan Cuma Capres, Ada Misi Utama di Balik Koalisi Golkar-PAN-PPP

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya