Comscore Tracker

Banyak CPNS Mundur, Komisi II DPR: Semua Orang Tahu Gaji PNS Kecil

Komisi II DPR sebut gaji PNS kecil jadi pengetahuan umum

Jakarta, IDN Times — Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia, meminta Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah lolos seleksi CPNS, namun mengundurkan diri, untuk melihat konsekuensi dari pilihannya sebagai pegawai negeri.

Doli menjelaskan, pilihan untuk melanjutkan seleksi atau mengundurkan diri memang seluruhnya menjadi hak pribadi. Namun dia menegaskan, peserta yang lolos semestinya sudah lebih dulu mengetahui seluk beluk kerja sebagai PNS, mulai dari penempatan kerja hingga gaji yang bakal diterima.

“Sekarang kalau sudah lulus kemudian mundur gara-gara kabarnya gajinya kecil dan penempatannya jauh, ya saya kira itu memang konsekuensi yang harus mereka tanggung,” kata Doli di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (30/5/2022).

1. Doli sebut profesi PNS adalah pilihan hidup

Banyak CPNS Mundur, Komisi II DPR: Semua Orang Tahu Gaji PNS KecilIlustrasi tes CPNS (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Politikus Golkar ini menilai, bekerja sebagai PNS adalah pilihan hidup. Dia menyebut hanya orang-orang terpilih yang bisa menjalani kehidupan sebagai PNS yang berbakti untuk kepentingan negara.

“Saya katakan, seseorang menjadi PNS itu pilihan hidup, saya kira mereka itu tahu dan sadar akan pilihannya kenapa jadi PNS,” ujarnya.

Baca Juga: Pengamat: Kebijakan PNS Terapkan WFA Berisiko Ganggu Layanan Publik

2. Gaji PNS kecil sudah berlaku umum

Banyak CPNS Mundur, Komisi II DPR: Semua Orang Tahu Gaji PNS KecilIlustrasi CPNS (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Selain itu, Doli juga mengatakan, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa gaji yang diterima oleh PNS memang tidak banyak. Menurutnya, hal ini semestinya sudah diketahui oleh peserta CPNS sebelum melamar.

Dia juga menyinggung masalah penempatan yang sering dikeluhkan PNS yang lolos seleksi. Idealnya, PNS bisa menerima penempatan kerja tak sesuai domisili demi kepentingan bangsa dan negara.

“Gaji kecil, penempatan jauh, itu sudah berlaku umum dan semua orang sudah tahu kok kalau konsekuensi jadi PNS itu gajinya kecil dan ditempatkan di mana saja. Jadi ya harus bertanggung jawab,” tuturnya.

3. Ratusan PNS yang lolos seleksi mengundurkan diri

Banyak CPNS Mundur, Komisi II DPR: Semua Orang Tahu Gaji PNS KecilIlustrasi tes sistem CAT seleksi CPNS. (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

Sebelumnya, dikabarkan 105 peserta yang lolos seleksi CPNS pada 2021 memilih untuk mengundurkan diri. Peserta memilih mengundurkan diri karena bermasalah dengan formasi jabatan hingga urusan gaji.

Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama, mengatakan apa yang dilakukan oleh ratusan CPNS itu telah merugikan negara. Sebab, selama proses seleksi, semua biaya yang ada ditanggung oleh negara. Setelah dinyatakan lolos, mereka malah memilih mengundurkan diri. 

"Pasalnya, formasi instansi yang seharusnya sudah terisi kan sekarang jadi kosong. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah saat penerimaan CPNS cukup besar," ujar Satya kepada IDN Times melalui pesan pendek pada Kamis, (26/5/2022).

Baca Juga: Ratusan CPNS Mundur, Menpan RB: Proses Seleksi akan Diperketat

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya