Comscore Tracker

BEM SI Buka Suara soal Tak Ikut Gabung Aksi 21 April 

BEM SI masih tunggu jawaban pemerintah

Jakarta, IDN Times - Koordinator pusat Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Kaharuddin buka suara terkait alasan mengapa pihaknya tidak ikut bergabung dengan aksi yang akan dilangsungkan besok, Kamis 21 April 2022.

Kahar mengakui BEM SI tak akan turun ke lapangan bersama Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) pada aksi 21 April. Dia menjelaskan pihaknya sudah mengemukakan seluruh tuntutannya dalam aksi pada 11 April lalu.

“Iya kami tidak ikut karena memang kita kan sudah melakukan aksi pada 28 Maret dan 11 April, 14 tuntutan kita sudah diterima presiden, dan 4 tuntutan sudah diberikan kepada DPR,” kata Kahar kepada wartawan, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga: BEM SI Tak Akan Gabung Aksi AMI dan BEM UI 21 April

1. BEM SI tunggu jawaban pemerintah

BEM SI Buka Suara soal Tak Ikut Gabung Aksi 21 April ilustrasi aksi demo. Suasana Demo Tolak UU Cipta Kerja pada Kamis (8/10/2020) (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Menurut Kahar, pihak BEM SI saat ini masih menunggu jawaban dari pemerintah baik DPR maupun Presiden Joko “Jokowi” Widodo terkait tuntutan yang disampaikan pada aksi sebelumnya.

Kahar menjelaskan, saat ini dia dan rekan-rekannya masih menunggu jawaban dari pemerintah. BEM SI baru akan melangsungkan aksi lanjutan jika tuntutannya tidak terpenuhi.

“Saat ini kami masih menunggu jawaban terkait tuntutan kami, jadi sekarang masih wait and see,” ujar dia.

Baca Juga: BEM Luar Jakarta Ramai-Ramai Bersuara Dukung BEM UI Kritik Jokowi

2. Evaluasi gerakan aksi dan rencana ke depan

BEM SI Buka Suara soal Tak Ikut Gabung Aksi 21 April Aksi BEM SI di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Selain itu, Kahar juga menjelaskan BEM SI sedang melakukan koordinasi dan evaluasi untuk langkah ke depan jika tuntutan mereka tidak terpenuhi.

“Sekarang ini kami sedang evaluasi gerakan 28 Maret dan 11 April,” tutur Kahar.

Kendati demikian, dia tidak menjelaskan kapan rencana aksi lanjutan itu bakal digelar dan berapa lama waktu yang mereka berikan kepada pemerintah untuk menjawab semua tuntuan BEM SI.

“Kami terus membangun eskalasi gerakan. Sama juga untuk menjaga napas juang kawan-kawan untuk menjaga ritme. Sekarang lagi membangun eskalasi gerakan selanjutnya, jangan sampai gerakan mahasiswa ini gerakan musiman kan,” ujar Kahar.

3. Aksi AMI dan BEM UI 21 April

BEM SI Buka Suara soal Tak Ikut Gabung Aksi 21 April Ilustrasi mahasiswa. ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Sebelumnya Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) dikabarkan bakal melangsungkan aksi unjuk rasa pada 21 April. Salah satu elemen AMI yang dipastikan bakal ikut serta yakni Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI).

Pihak BEM UI juga telah melangsungkan kongres rakyat pada Senin 18 April 2022 untuk menentukan titik lokasi aksi, dan tuntutan yang akan disampaikan.

“Untuk tuntutan dan lain-lain akan dibahas saat kongres rakyat,” ujar Ketua BEM UI Bayu Satria Utomo, saat dihubungi IDN Times, Senin (18/4/2022).

Namun hingga saat ini, belum diketahui di mana lokasi aksi mahasiswa tersebut.

Baca Juga: Tampung Aspirasi Demo 13 April, Gubernur Lampung Kirim Surat ke Jokowi

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya