Berkoalisi dengan PKB, Sekjen Gerindra Ungkap Pertemuan dengan PDIP

Hubungan Gerindra dengan PDIP sangat baik pasca koalisi PKB

Jakarta, IDN Times — Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, mengungkapkan pihaknya bakal bertemu dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam waktu dekat. Pertemuan itu dijadwalkan setelah berkoalisi dengan PKB.

Muzani mengatakan, pertemuan itu dilakukan untuk membahas persatuan dan demokrasi. Namun, Muzani tak merinci kapan dan di mana pertemuan itu berlangsung.

“Kami akan bertemu dengan PDIP juga akan membicarakan tentang bagaimana merawat persatuan dan demokrasi bisa berlangsung dengan baik. Nanti (pertemuan dengan PDIP) ada waktunya,” kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

1. Hubungan Gerindra dengan PDIP sangat baik pascakoalisi PKB

Berkoalisi dengan PKB, Sekjen Gerindra Ungkap Pertemuan dengan PDIPKetum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar setelah mendaftar bersamaan ke KPU, Senin (8/8/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Muzani juga menyebut hubungan komunikasinya dengan partai berlogo banteng moncong putih sangat baik setelah melakukan koalisi dengan PKB.

“Kami hubungan dengan PDIP sangat bagus dan jomunikasi kami dengan PDIP pascakerja sama antara Gerindra dengan PKB juga sangat bagus,” ucap Muzani.

Selain itu, Muzani juga menyebut bahwa tindakan politik partainya itu telah dibicarakan dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan PKB.

“Semua tindakan dan kerja sama politik kami, kami semuanya akan bicarakan dengan PKB,” kata dia.

Baca Juga: Cak Imin Yakin Menangi Pilpres 2024 Bersama Prabowo

2. Buka jalan buat PDIP koalisi dengan Gerindra

Berkoalisi dengan PKB, Sekjen Gerindra Ungkap Pertemuan dengan PDIPDok.IDN Times/Istimewa

Gerindra, kata Muzani, masih membuka jalan bagi partai politik lain untuk bergabung dalam koalisi bersama Gerindra-PKB. Pihaknya juga tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan PDIP di 2024.

“Komunikasi kami buka semua dengan parpol, nanti waktu yang akan bicara. Waktu yang akan mengambil momentum,” ujar Muzani.

3. PDIP koalisi setelah verifikasi parpol

Berkoalisi dengan PKB, Sekjen Gerindra Ungkap Pertemuan dengan PDIPIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan partainya saat ini masih belum melakukan pembahasan terkait koalisi untuk pemilu 2024. Dia menjelaskan, PDI Perjuangan masih menunggu verifikasi partai politik yang mendaftar di (KPU) selesai.

"Komunikasi dalam rangka kerja sama politik yang berkaitan dengan pemilu 2024, oleh PDIP Perjuangan belum secara khusus dilakukan, tapi menyiapkan seluruh tahapan itu menjadi salah satu format dalam membangun kerja sama itu, misalnya, verifikasi ini kan akan menentukan parpol mana yang lolos," ujar Hasto di Bentara Budaya Jakarta, Minggu (7/8/2022).

Hasto juga menyampaikan, PDIP punya kedekatan dengan semua parpol koalisi pemerintahan.

Pasalnya, para ketua umum partai koalisi sering bertemu dan kerap menjalin komunikasi dengan Jokowi dan Ma’ruf Amin. Namun, ia menghormati langkah-langkah politik partai pendukung pemerintah yang telah membentuk koalisi masing-masing.

Baca Juga: Pemilu Makin Dekat, Politikus PDIP: Banyak Relawan 'Benalu' Resah 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya